5 Ide Kegiatan yang Bisa Diadakan saat Pesantren Kilat di Sekolah
Cari Berita

Atas


5 Ide Kegiatan yang Bisa Diadakan saat Pesantren Kilat di Sekolah

Sabtu, 25 April 2020

Supaya puasa Ramadhan tidak membosankan, guru dapat mencoba 5 ide kegiatan yang bisa diadaka saat pesantren kilat di sekolah.

Bulan suci Ramadhan telah tiba. Anak-anak pun akan menyambut bulan suci ini dengan penuh semangat. Demi membangun kebiasaan puasa Ramadhan pada anak, pihak sekolah juga ikut aktif menyelenggarakan pesantren kilat. Nah, bagi Anda yang adalah seorang guru, mungkin bisa mulai mempertimbangkan ide-ide kegiatan yang bisa diadakan saat pesantren kilat di sekolah.

Sebagai aktivitas di bulan Ramadhan, pesantren kilat di sekolah memang cuma berlangsung singkat misalkan selama 1-2 minggu saja. Namun sebagai kegiatan singkat, pesantren kilat memiliki banyak manfaat seperti:


  • Memperoleh ilmu tentang agama Islam mulai dari mengaji, wudhu, shalat hingga diskusi soal Islam secara lebih mendalam
  • Menambah teman baik dari sisi peserta dan para pengajar
  • Mengajarkan anak jadi pribadi yang lebih mandiri


Melalui manfaat di atas, bisa dibuktikan kalau pesantren kilat memang sangat penting diikuti anak sekolah saat Ramadhan. Bahkan Sofi selaku salah satu pengajar pesantren kilat di Masjid Besar Al-Ilyas Malangbong, Garut, menyebutkan kalau pesantren kilat bisa meningkatkan akidah akhlak anak. Tak perlu bingung, berikut ini 5 ide kegiatan yang bisa diadakan saat pesantren kilat di sekolah:

1. Shalat Berjamaah


Inilah kegiatan pertama yang bisa dipilih untuk dilakukan saat pesantren kilat di sekolah. Lantaran diikuti oleh seluruh pelajar Muslim, guru bisa menggelar shalat jamaah. Bukan hanya shalat lima waktu, ajak juga pelajar untuk mengikuti salat Tarawih berjamaah di malam-malam bulan Ramadhan. Dengan kegiatan ini, murid akan tahu keutamaan shalat jamaah.

Beberapa pesantren kilat biasanya digelar dengan cara menginap di sekolah, sehingga anak akan belajar untuk hidup mandiri, disiplin dan bertanggung jawab. Mereka akan mengenal bahwa sebagai Muslim, shalat adalah sebuah kewajiban. Lagipula shalat jamaah memiliki pahala lebih besar daripada shalat sendiri. Sehingga bisa meraih ladang pahala selama Ramadhan.s

2. Buka Puasa Bareng


Lantaran pesantren kilat yang digelar saat Ramadhan, maka sudah pasti kegiatan wajibnya adalah dengan berbuka puasa bersama. Anak-anak tentu akan jauh lebih antusias saat berbuka puasa bersama teman-temannya dan belajar betapa pentingnya rasa berbagi. Beberapa sekolah biasanya meminta anak untuk membawa menu makanan tertentu untuk dimakan bersama.

3. Mendengarkan Ceramah Islami


Ide kegiatan yang bisa diadakan saat pesantren kilat di sekolah berikutnya adalah mendengarkan ceramah dari ustaz atau guru agama Islam. Undang seorang penceramah yang bisa memberikan ilmu Islami dengan cara penuturan yang disukai para pelajar. Agar murid memahami apa yang dijelaskan, guru bisa menugaskan murid untuk menuliskan kesimpulan ceramah.

Di mana nanti tugas itu bisa menjadi nilai tambah untuk raihan pelajaran mereka. Sehingga murid tentu akan bersungguh-sungguh mendengarkan isi ceramah dan memperoleh ilmu baru selama pesantren kilat. Dengan mendengarkan ceramah, pemahaman pelajar soal ilmu Islam tentu akan semakin dalam sehingga mereka mendapat manfaat besar dari Ramadhan.

4. Aneka Lomba Seru


Supaya pesantren kilat tidak berkesan membosankan, guru juga bisa mengadakan aneka lomba seru. Tak harus lomba yang menguras tenaga, acara kompetisi ini haruslah masih mengusung nilai-nilai keagamaan. Contohnya seperti lomba adzan antar kelas, lomba nasyid, lomba membaca ayat suci Al-Quran, lomba berpidato atau ceramah hingga lomba peragaan busana muslim.

5. Membaca Al-Quran


Nah, kegiatan terakhir yang bisa dipertimbangkan untuk digelar selama pesantren kilat ialah membaca Al-Quran. Tidak semua anak memiliki kemampuan mengaji, tapi sudah sepatutnya sebagai seorang Muslim, bisa membaca ayat suci dalam Al-Quran. Untuk itulah, ajari cara membaca huruf Hijaiyah secara perlahan, kemudian kenalkan dengan surat-surat pendek.

Membaca Al-Quran saat puasa Ramadhan faktanya memiliki banyak sekali keutamaan. Banyak hadits yang menyebutkan kalau pahala orang yang membaca ayat suci Al-Quraan saat puasa Ramadhan berkali-kali lipat. Selain itu dengan kegiatan ini, murid tentu tidak akan lemas atau tidur-tiduran saja yan justru membuat mudah lapar dan haus.

Lihat juga: Tips Ajari Anak Berpuasa, Latihan Bertahap hingga Beri Penghargaan

Tentunya dengan menerapkan 5 ide kegiatan yang bisa diadakan saat pesantren kilat di sekolah, aktivitas keagamaan para pelajar selama Ramadhan makin menyenangkan. Anak-anak yang mulai belajar berpuasa tentu akan makin semangat dan memahami bahwa puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan. Segera siapkan berbagai ide kegiatan dan sambut Ramadhan dengan ceria.