Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Meningkatkan Kemampuan Bercerita Murid

Tips Meningkatkan Kemampuan Bercerita Murid

Tips meningkatkan kemampuan bercerita murid pastinya sangat berguna jika diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Kemampuan bercerita sendiri memiliki berbagai manfaat untuk anak murid, apalagi dunia anak yang memang penuh dengan bermain dan bercerita.

Bercerita juga dapat meningkatkan perkembangan memori anak, hal ini dikarenakan ketika bercerita maka akan ada proses mengingat cerita kembali sebelum menceritakannya. Selain itu, bercerita juga akan menambah dan memperkaya kemampuan berbahasa dan kosakata anak.

Tips Meningkatkan Kemampuan Bercerita Murid yang Asik dan Menyenangkan

Dengan bercerita di depan murid lainnya juga dapat menambah kepercayaan diri dan keberanian seorang murid untuk berbicara di depan orang banyak. Hal ini pastinya juga akan sangat bermanfaat di kehidupannya masa depannya nanti. Dengan berbagai macam manfaat bercerita ini, maka kemampuan bercerita haruslah dikembangkan.

Pengembangan kemampuan bercerita ini juga dapat dimulai sejak pendidikan SD bahkan sejak TK. Akan tetapi terkadang masih ada beberapa anak yang mengalami kesulitan untuk bercerita, oleh karena itu dibutuhkan tips meningkatkan kemampuan bercerita murid. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat para guru terapkan selama pembelajaran bercerita.

1. Menggunakan Gambar

Dalam dunia anak tidak dapat lepas dari yang namanya gambar. Maka dari itu para guru dapat menggunakan gambar sebagai panduan untuk anak bisa bercerita. Jenis gambar yang digunakan juga dapat disesuaikan dengan materi pembelajaran. Misalnya untuk teks deskripsi, gambar yang digunakan dapat berupa gambar penuh dengan detail. Sehingga anak bisa menceritakan yang mereka saksikan pada gambar.

Sedangkan untuk teks naratif, gambar yang dapat digunakan berseri sehingga murid dapat mengurutkan kejadian dan menceritakannya dengan runtut. Dengan begini anak juga dapat belajar alur sebuah cerita.

2. Meminta Murid Menceritakan Pengalaman

Menceritakan pengalaman juga dapat digunakan sebagai  tips meningkatkan kemampuan bercerita murid. Guru dapat meminta murid secara satu-persatu menceritakan pengalamannya, misalnya adalah pengalaman sewaktu liburan atau menceritakan hal lainnya. Tips ini nantinya akan menguatkan memori anak juga akan meningkatkan keberanian serta kepercayaan dirinya dalam berbicara didepan orang lain.

3. Menggunakan Media Boneka

Dengan menggunakan media boneka, selain dapat meningkatkan kemampuan bercerita murid juga dapat memperkaya imajinasi dan memahami tentang beberapa penggunaan ekspresi. Selama bercerita murid dapat mengekspresikannya dengan menggerakkan boneka, baik bagian tangan, kepala maupun kakinya. Dengan begini pun pembelajaran bercerita menjadi lebih menarik dan diminati oleh para murid.

4. Ciptakan Suasana yang Kondusif

Hal yang tak kalah penting dalam  tips meningkatkan kemampuan bercerita murid adalah adalah guru harus membuat suasana kelas yang kondusif dan positif. Ketika seorang murid bercerita maka usahakan murid yang lainnya diam dan memperhatikan. Selain itu, guru juga dapat lebih banyak mendengar saat anak bercerita dan memberikan tanggapan maupun respon sesuai dengan cerita yang dikemukakan anak.

Lihat juga : Tips Mudah Membangun Karakteristik Lingkungan Belajar yang Kondusif

Guru juga dapat mengajak murid lainnya untuk memberikan tanggapan positif dari cerita yang disampaikan oleh murid lain. Dengan begini maka anak akan merasa dihargai dan dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya. Sehingga hal ini juga dapat memberikan keberanian bagi murid yang akan bercerita selanjutnya. Selain meningkatkan kemampuan bercerita, hal ini juga dapat menambah keakraban antara murid-murid tersebut.

Itulah beberapa tips meningkatkan kemampuan bercerita murid yang dapat diterapkan ketika pembelajaran. Tips tersebut pastinya asyik dan menyenangkan ketika dilakukan sehingga murid-murid dapat lebih mudah meningkatkan kemampuan berceritanya.