Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Jitu Agar Anak Pandai Bercerita, Biasakan Untuk Terbuka


Anak pandai bercerita, maka orangtua harus melakukan berbagai cara untuk mengasah kemampuan anak. Sejak dini anak sudah diajarkan untuk kegiatan storytelling yang saat ini tidak hanya mendengarkan orangtua saja. 

Kegiatan bercerita menjadi salah satu yang kompetensi yang harus anak kuasai, terutama di masa digital seperti sekarang ini. Karena dengan media digital yang serba ada bisa memberikan pengetahuan bagi anak untuk berbagi cerita.

Tips Agar Anak Pandai Bercerita


Sebagai orangtua mengajarkan anak untuk bercerita sangat penting dan bermanfaat untuk perkembangan anak kedepannya. Baik suami dan anda bisa mengajak anaknya untuk berbagi cerita mengenai kegiatan sehari-hari ketika anak bermain bersama temannya. 

Dengan melakukan cerita seperti ini, akan membuat anak untuk berlatih berkomunikasi. Nantinya anak ketika memasuki usia sekolah bisa menceritakan hobi dan aktivitasnya ketika berada di rumah.

Nah, kita sebagai orangtua bisa melakukan hal berikut ini agar anak pandai bercerita baik ketika bersama orangtua atau di hadapan orang banyak. Anak akan senang hati bercerita dengan memilih sendiri apa temanya serta mampu menjawab apa yang ditanyakan orang lain ketika ia usai bercerita. Lagipula dengan kegiatan bercerita akan melatih anak untuk lebih mandiri dan percaya diri.

Bersikap Terbuka


Orangtua harus memiliki sikap terbuka kepada anaknya agar anaknya bisa tumbuh dengan gemar bercerita. Contohnya ketika orangtua pulang dari bekerja, maka bisa menceritakan kegiatan apa saja yang orangtua lakukan kepada anaknya. 

Dengan demikian, akan mendorong anak untuk lebih aktif dalam berbicara. Melihat orangtua bercerita mengenai kegiatannya tentu akan membuat anak juga berani untuk mengungkapkan apa yang ia alami saat di rumah.

Ajak Untuk Mengungkapkan


Ketika orangtua bercerita, maka hal yang sama juga akan lakukan dengan menceritakan kegiatannya. Orangtua bisa memancing agar anak bisa mengungkapkan perasaannya ketika bermain bersama teman, saudara atau jika anak sudah masuk sekolah bisa tanyakan bagaimana ketika sekolah apakah menyenangkan atau tidak. Hal ini bisa menjadi umpan untuk mendorong anak bisa memberikan reaksi terhadap ungkapan perasaannya.

Dengan Buku


Selanjutnya agar anak pandai bercerita, maka bisa mendekatkan anak dengan buku, baik itu buku digital atau buku fisik dengan tampilan yang lebih inovatif sehingga anak akan bertanya dan bercerita tentang apa yang ia lihat di dalam buku tersebut. 

Kita ajak anak untuk membaca buku bersama, hal ini juga memberikan manfaat lain seperti menambah kosa kata baru sampai dengan belajar untuk memberikan ekspresi mengenai suatu hal.  

Bercerita memiliki banyak manfaat untuk anak kedepannya jika dibiasakan sejak dini. Manfaat yang bisa anak dapatkan ketika orangtua melakukan upaya untuk membuat anak pandai bercerita seperti:
Meningkatkan kecerdasan
Menumbuhkan minat baca sejak dini
Melatih berkomunikasi
Melatih percaya diri

Berlangganan via Email