Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Modul IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Modul IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Mata pelajaran IPA dan IPS pada Kurikulum Merdeka digabung di jenjang pendidikan sekolah dasar (SD). Kurikulum Merdeka mulai diimplementasikan pada tahun jaran baru 2022/2023. Penggabungan kedua mata pelajaran ini karena anak usia SD cenderung melihat segala sesuatu secara utuh dan terpadu.

Mata pelajaran IPA dan IPS yang digabung menjadi IPAS baru mulai diajarkan di kelas 3. Tujuannya untuk menguatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan sekitarnya, baik dari aspek alam maupun segi sosial. Selain itu, anak masih dalam tahap berpikir konkret, holistik, dan komprehensif, namun belum detail.

Lihat juga : Strategi Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran di SD

Dalam Kurikulum Merdeka, modul ajar  merupakan salah satu instrumen penting pada proses pembelajaran yang dikembangkan dengan mengacu capaian pembelajaran (CP). Guru diberikan kebebasan untuk mengembangkan modul. Memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan atau menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik siswa.

Download Contoh Modul IPAS Kurikulum Merdeka Belajar Kelas 4 SD

Modul ialah salah satu perangkat pembelajaran yang dikemas dengan cara utuh serta sistematis, didalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana serta didesain untuk memudahkan siswa memahami tujuan belajar. Modul ajar paling tidak berisi tujuan pembelajaran, materi, serta penilaian.

Berikut 6 langkah atau prosedur dalam menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka.

1. Pertama yaitu analisis kondisi dan kebutuhan siswa serta sekolah. Penting bagi guru untuk memahami kondisi dan kebutuhan siswa berdasarkan latar belakang dan sarana dan prasarana sekolah. Pengembangan modul ajar membutuhkan kemampuan dan kreatifitas para guru.

2. Selanjutnya identifikasi dan tentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila.

3. Guru dapat memilih dimensi Profil Pelajar Pancasila yang paling relevan untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran.

4. Guru merancang Alur Tujuan Pembelajaran yang akan dikembangkan menjadi Modul Ajar yang disusun guru.

5. Guru juga dapat memilih Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan oleh sekolah atau mengacu pada Alur Tujuan Pembelajaran yang ada.

6. Susun Modul Ajar berdasarkan komponen yang tersedia. Selain komponen inti, guru dapat memilih komponen sesuai dengan  kebutuhan siswa.

Untuk menghasilkan modul IPAS kelas 4 yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, pengembangan modul harus memperhatikan beberapa hal. Karakteristik yang diperlukan sebagai modul, yaitu Self instructional, Self Contained, Stand alone,  Adaptif dan User friendly. Modul IPAS sesuai Kuriklum Merdeka dapat Anda download melalui tautan berikut ini: 

MODUL IPAS KELAS 4 KURIKULUM MERDEKA.pdf