Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 Arti Pentingnya Keterampilan Literasi dan Numerasi

4 Arti Pentingnya Keterampilan Literasi dan Numerasi

Pentingnya keterampilan literasi dan numerasi dibutuhkan di 98% aspek kehidupan. Keterampilan tersebut secara eksplisit diajarkan dalam studi matematika. 

Faktanya, para peserta didik bahkan tidak mengetahui penerapan pengetahuan matematika yang diperoleh secara langsung pada bidang lain. Hal ini menunjukkan bahwa semua tenaga pendidik perlu memberikan fasilitas terkait proses penerapan ilmu eksak tersebut.

Lihat juga : Strategi Penerapan 6 Literasi Dasar di Sekolah

Peningkatan berbagai aspek kehidupan dapat diraih melalui tingkat literasi dan numerasi yang sesuai. Mulai dari kehidupan sosial, pendidikan, hingga kehidupan berkarir.

Termasuk di dalamnya kemampuan untuk memeriksa, menulis, hingga memahami detail. Berikut adalah arti pentingnya meningkatkan keterampilan literasi numerasi.

1. Membantu Membentuk Penalaran Rasional Beserta Tekniknya

Rasional merupakan kecakapan yang melibatkan cara berpikir dengan logika. Semua hal bukan hanya dipikirkan, namun juga dipertimbangkan secara logis, lebih tepatnya menurut pemikiran yang sehat.

Kemampuan ini akan membantu Anda mengambil keputusan yang penting, memecahkan masalah, menghasilkan ide kreatif, dan mengembangkan karir. Dalam dunia nyata, Anda akan menemukan berbagai tantangan yang membutuhkan keterampilan penalaran logis. Semakin meningkatnya keterampilan berpikir logis yang dimiliki, maka semakin mudah pula menemukan solusi dan rencana yang menguntungkan untuk Anda sendiri.

Teknik untuk membentuk penalaran logis meliputi berlatihlah bertanya, meluangkan waktu untuk hobi kreatif, bersosialisasi dengan masyarakat, mempelajari keterampilan baru, dan mencoba mengantisipasi hasil dari keputusan yang Anda ambil. Saat menerapkan teknik ini secara teratur, otomatis Anda mulai mendekati keputusan sehari-hari secara alami di tempat kerja dengan perspektif yang lebih logis.

2. Mengakses Kurikulum Lebih Luas

Tak dapat dipungkiri bahwa pentingnya keterampilan literasi dan numerasi dapat mempertahankan siswa untuk menjalani kehidupan yang memuaskan dan menyenangkan. Mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang energik dan terinformasi dengan baik.

Kurikulum sejatinya memang harus mengalami perubahan sesuai perkembangan zaman. Hal ini juga untuk mengatasi kebosanan. Terlebih IPTEK saat ini semakin maju. Perubahan kurikulum yang diambil yakni dalam rangka mempersiapkan para peserta didik untuk menghadapi segala tantangan zaman. 

Kurikulum yang diterapkan diharapkan selalu mengedepankan pentingnya membangun karakter suatu bangsa. Perubahan kurikulum juga lebih diorientasikan untuk membentuk karakter peserta didik.

Dapat dikatakan bahwa keterampilan tersebut penting untuk mengakses kurikulum yang lebih luas. Dari perkembangan zaman menunjukkan bahwa keaktifan adalah indikator penting  untuk menunjang masa depan. 

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Arti pentingnya kemampuan dan keterampilan literasi dan numerasi berikutnya adalah dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Gambaran mudahnya adalah jika kemampuan literasi numerasi yang dimiliki seseorang tidak memadai, maka akan terjadi hambatan untuk terjun ke dalam dunia kerja.

Ini karena keterampilan tersebut adalah jembatan untuk mengakses program pendidikan yang lebih luas sehingga Anda memiliki bekal yang dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan. 

4. Proteksi Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi

Keterampilan literasi dan numerasi dianggap sebagai salah satu proteksi terhadap angka pengangguran, upah buruh yang rendah, dan buruknya tingkat kesehatan di suatu negara. Mengingat keterampilan literasi dan numerasi benar-benar dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan, maka bekal keterampilan yang cukup akan membuka peluang kerja lebih luas.

Jika kehidupan sosial ekonomi suatu masyarakat baik, maka akan terjadi penurunan angka pengangguran. Selain itu, upah buruh juga lebih besar dan kesehatan masyarakat menjadi lebih baik lagi.

Apakah Anda menemukan arti pentingnya keterampilan literasi dan numerasi lainnya? Hal penting untuk diperhatikan adalah bahwa pengetahuan dan keterampilan tersebut merupakan kunci untuk membuka pintu masa depan lebih baik lagi.