Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Semester Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka


Fase awal implementasi Kurikulum Merdeka di SD yaitu Kelas 1 dan Kelas IV. Guru kelas 4 harus segera melengkapi administrasi atau perangkat pembelajarannya, salah satunya berupa Program Semester atau PROSEM. SekolahDasar.Net akan membagikan Prosem Bahasa Indonesia Kelas 4 SD semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka.

Prosem SD Kelas 4 merupakan perangkat ajar yang wajib dimiliki guru untuk menunjang keberhasilan dalam kegiatan Belajar Mengajar. Program semester Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka berisi pembagian materi ajar atau Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dalam kalender pendidikan.

Lihat juga ; Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Penyusunan Program Semester atau Prosem Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka menggunakan pendekatan Mata Pelajaran. Prosem Bahasa Indonesia kelas 4 disusun selama kurun waktu satu semester yang berisi tema dan materi ajar. Berikut rincian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka kelas 4:

  1. Menyimak, membaca, dan mendiskusikan bacaan, memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita; mengucapkan kata-kata yang panjang; mengenal dan menggunakan kalimat transitif-intransitif dalam tulisan; serta mencari arti kata di dalam kamus dan membuat Proyek Kamus Kelas Empat
  2. Menjawab pertanyaan terkait isi teks yang dibacakan, mengenali dan menggunakan awalan ‘me-’ sesuai kaidah bahasa Indonesia, menyampaikan pendapat dengan kalimat yang jelas, serta mencari informasi dan mempresentasikannya
  3. Menulis dengan struktur argumentasi, mengenal pemakaian awalan ‘ber-’ dan menggunakannya, menyampaikan petunjuk arah, serta menulis teks dengan struktur deskripsi.
  4. Mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung pada suatu paragraf atau teks, berpartisipasi aktif dalam diskusi, melakukan wawancara dan menuliskan laporannya, serta menggunakan “ADiKSiMBa” untuk menyusun tulisan
  5. Mencari dan menggunakan informasi dari beragam sumber, memahami tujuan dan pesan yang disampaikan penulis dalam tulisannya, memahami dan menggunakan tanda baca dalam penulisan angka atau nilai uang, dan memahami dan menulis teks prosedur
  6. Mengidentifikasi dan memahami kata-kata baru pada teks, menyampaikan pendapat tentang isi dan ilustrasi teks, memahami kejadian dan perubahan perasaan tokoh dalam cerita, dan menggunakan kalimat efektif
  7. Memahami instruksi yang disampaikan secara audio, menemukan dan mengidentifikasi informasi di dalam teks dan gambar, menyampaikan pendapat tentang informasi di dalam teks, dan membuat teks narasi menggunakan kata penghubung antarkalimat.
  8. Menyebutkan permasalahan yang dialami tokoh di dalam cerita, menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks, membedakan informasi fakta dan opini, serta menulis dengan struktur awal-tengah-akhir menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Download Program Semester Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Penyusunan dan pembagian waktu melalaui Promes Bahasa Indonesia Kelas 4 yang tepat dapat mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran. Berikut Prosem Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1 dan Semester 2. File Prosem Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 dapat didownload melalui link di bawah ini:


Contoh Promes Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka di atas dapat guru gunakan selain sebagai referensi membuat prosem juga dapat guru gunakan untuk melengkapi administrasi mengajar. File Prosem Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1 dan Semester 2 tersebut dalam format Excel yang bisa diedit kembali menyesuaikan dengan kondisi sekolah.