Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah 5 Alasan Guru Harus Dapat Berlatih, Beretika, dan Tanggung Jawab

Inilah 5 Alasan Guru Harus Dapat Berlatih, Beretika, dan Tanggung Jawab

Seorang guru yang berkualitas harus dapat berlatih, mempraktikkan etika yang baik, serta tanggung jawab. Hal ini bukan tanpa alasan. Ada beberapa hal yang mendasarinya demi kemajuan di bidang pendidikan. Lantas apa saja alasan kenapa guru harus dapat berlatih, beretika, dan tanggung jawab?

Alasan Guru Harus Dapat Berlatih, Beretika, dan Tanggung Jawab

Di bawah ini adalah beberapa alasan tersebut. Pastikan Anda menyimaknya sampai akhir.

1. Jadi Teladan Anak Didik

Salah satu alasannya yaitu karena guru jadi teladan bagi anak didiknya. Sebagaimana yang kita tahu bahwa perilaku guru sering dicontoh oleh anak didiknya. Mulai dari perkataan hingga perbuatan. Oleh karena itu, sudah seharusnya apabila guru memiliki etika, tanggung jawab, dan kepribadian yang baik.

Setiap harinya guru harus dapat berlatih agar bisa menjadi panutan yang baik bagi anak didiknya. Bukan hanya kata-kata saja, guru juga harus memberikan contoh baik sesuai dengan apa yang diajarkannya.

2. Berpengaruh Terhadap Kepribadian Siswa

Tak bisa dipungkiri kepribadian guru juga akan berpengaruh terhadap kepribadian siswa. Ibarat orang tua kedua bagi siswa, guru, dan anak didik menghabiskan banyak waktu di sekolah hampir setiap hari. Setiap gerakan guru akan jadi tontonan siswanya.

Mengingat guru berperan penting sebagai tutor, tentor, fasilitator, hingga pendamping, sudah seharusnya dapat berlatih, beretika, serta tanggung jawab. Dengan demikian, diharapkan kepribadian siswa bisa sesuai di mata agama dan bangsa.

3. Mengarahkan Siswa

Alasan lainnya kenapa guru harus mau berlatih, beretika, dan tanggung jawab lainnya yaitu supaya bisa mengarahkan siswanya. Dengan bekal tersebut, guru akan lebih mudah dalam memberitahukan ke anak didik soal kesulitan-kesulitan selama menempuh pendidikan. Guru pun akan membimbing siswa agar mampu melewati setiap kesulitan dalam menuntut ilmu tersebut.

4. Mengenali Potensi Siswa

Untuk bisa mengenali potensi siswa, guru memang harus mau berlatih, beretika, dan memiliki rasa tanggung jawab. Ketika seorang guru sudah mampu memahami potensi yang dimiliki anak didiknya, maka tidak akan menuntut untuk mempelajari sesuatu hal yang memang bukan ahli di bidangnya.

Selain itu, guru juga akan mendorong siswa untuk belajar di bidang tertentu sesuai dengan potensinya. Apabila hal ini diasah dengan tepat, jelas akan berdampak baik di masa depan anak didik.

5. Membangun Kepercayaan

Guru harus bisa berlatih, beretika, dan memiliki rasa tanggung jawab dengan alasan supaya lebih mudah dalam membangun kepercayaan. Baik itu kepercayaan dari anak didik maupun wali murid. Dengan kepercayaan penuh, orangtua tak akan ragu untuk menyerahkan anaknya agar dibimbing guru tersebut.

Lihat juga : Tips Membangun Citra Positif Sebagai Seorang Pendidik

Dari beberapa alasan tersebut, bisa diketahui secara jelas bahwa guru memang harus dapat berlatih, beretika, dan tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya. Harapannya, dunia pendidikan bisa semakin maju ke arah yang lebih baik.