Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Analisis Soal Penilaian Harian Kelas 6 Semester 1

Analisis Soal Penilaian Harian Kelas 6 Semester 1

Ulangan atau penilaian merupakan proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran. Penilaian atau evaluasi juga guru kelas 6 untuk memantau kemajuan dan perbaikan hasil belajar siswa.

Penilaian harian adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk menilai kompetensi siswa setelah menyelesaikan pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih. Guru harus melakukan analisis hasil penilaian siswa setiap selesasi dilaksanakan penilaian harian.

Lihat juga : Buku Daftar Nilai Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013

Setelah melakukan kegiatan analisis soal-soal penilaian harian, guru dapat memberikan pembelajaran remidial dan pengayaan.  Remedial merupakan pemberian bantuan bagi siswa yang mengalami kesulitan atau kelambatan belajar. Sedangkan bagi siswa yang mendapatkan nilai yang bagus, guru dapat memberikan pengayaan. 

Tahun pelajaran 2022/2023 ini sebagian besar kelas 6 SD masih menggunakan Kurikulum 2013. Meskipun guru kelas 6 mengajar secara tematik dan terintegrasi antarmuatan pelajaran, namun setiap siswa dianalisis kemampuannya setiap muatan mata pelajaran. 

Pelajaran tematik di kelas 6 SD terdiri dari muatan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Sedangkan Matematika, menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri. Dalam setiap pembelajaran (PB) biasanya terdiri dari 2 atau lebih muatan pelajaran, maka dalam penilaian harian terdiri dari beberapa KD.

Ketika melaksanakan penilaian harian jumlah soal setiap muatan pelajaran boleh sama dengan muatan pelajaran lainnya. Namun, juga bisa berbeda. Soal-soal yang disajikan dalam penilaian supaya bervariasi. Misalnya, ada 10 soal, diformula 5 soal pilihan ganda, 3 soal jawaban singkat, serta 2 soal uraian. 

Jika guru kelas 6 sudah menyusun bentuk dan jumlah soal, barulah dibuat format analisis penilaian harian. Untuk mendownload format analisis soal-soal penilaian harian kelas 6 tahun pelajaran 2022/2023 dapat mengunjungi tautan berikut ini:

ANALISIS PH KLS 6

FORMAT DAFTAR NILAI KELAS 6

Format analisis penilaian harian yang akan dibagikan SekolahDasar.Net ini dapat digunakan kelas 6. Form dalam format excel ini dibuat umum dan dapat diganti dengan pemetaan KD dan jumlah soal yang berbeda. Guru kelas tinggal mengubahnya saja. Semoga bermanfaat, terima kasih.