Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Capaian Pembelajaran (CP) Fase A Kelas 1 dan 2 SD Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran (CP) Fase A Kelas 1 dan 2 SD Kurikulum Merdeka

Satuan pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD) telah mulai melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka pada tahun pelajaran 2022/2023. SekolahDasar.Net akan bagikan Capaian Pembelajaran atau CP Fase A untuk Kelas 1 dan 2 SD Kurikulum Merdeka. Capaian pembelajaran kelas 1 dan 2 SD yang dibagikan sudah tersusun rapi menggunakan format dokumen atau MS Word. Capaian pembelajaran fase A tersebut juga disusun per mata pelajaran sesuai dengan fase dan tingkatan.

Lihat juga : Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran atau CP merupakan kompetensi yang dirancang dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan standar isi sesuai Kurikulum Merdeka. Siswa ditargetkan dapat menguasai kompetensi minimum ini pada setiap mata pelajaran. untuk lebih mudah memahaminya, Capaian pembelajaran secara umum dapat diartikan sebagai pengganti Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) di Kurikulum 2013. 

Pada Kurikulum Merdeka SD, Capaian Pembelajaran atau CP dikelompokkan menjadi tiga Fase. Yaitu, fase A untuk kelas 1 dan 2, Fase B untuk Kelas 3 dan 4, dan Fase C untuk Kelas 5 dan 6 Fase C. Capaian pembelajaran dipelajari dalam satu fase ditergetkan dapat tercapai selama 2 tahun (2 tingkatan kelas). Dengan fleksibilitas dalam setiap proses pembelajaran diharapkan hasil capaian pembelajaran dapat semakin maksimal.

Download Capaian Pembelajaran (CP) Fase A Kelas 1 dan 2

Capaian Pembelajaran (CP) Fase A kelas 1 dan 2 untuk semua mata pelajaran yang dibagikan ini adalah perangkat pembelajaran yang harus dimiliki oleh setiap guru kelas. Dengan guru memiliki dokumen Capaian Pembelajaran maka guru akan mengerti capaian-capaian materi yang harus tercapai dalam kegiatan belajar mengajar.

Untuk memudahkan guru khususnya yang mengajar pada jenjang SD Kelas 1 dan 2, berikut ini dibagikan file Capaian Pembelajaran per mata pelajaran dalam format dokumen yang mudah diedit. Capaian Pembelajaran (CP) Fase A kelas 1 dan 2 Kurikulum Merdeka SD untuk semua mata pelajaran dapat didownload melalui tautan berikut ini:

CP FASE A KELAS 1 DAN 2 SD .rar

Dengan dokumen Capaian Pembelajaran Fase A bisa mempermudah guru kelas 1 dan guru kelas 2 dalam menganalisis dan mencermati materi-materi capaian pembelajaran-nya. Pada Kurikulum merdeka guru mempunyai kelonggaran menentukan Capaian Pembelajaran. Antara guru kelas 1 dan 2 dapat berdiskusi untuk menentukan apa saja Capaian Pembelajaran di kelas 1 dan 2.