Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sekolah Dasar Berperan Penting Tanamkan Kebiasaan Hidup Sehat Sejak Dini

Sekolah Dasar Berperan Penting Tanamkan Kebiasaan Hidup Sehat Sejak Dini

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim percaya bahwa syarat pertama anak-anak untuk dapat belajar dengan merdeka dan optimal adalah jika gizinya terpenuhi dengan baik. Hal ini dikatakannya dalam kick off Gerakan Nusantara 2022.

Lihat Juga : Kebiasaan Sehat yang Perlu Orang Tua Ajarkan Sejak Dini

"Syarat utama anak-anak untuk bisa belajar dengan merdeka dan optimal adalah gizinya terpenuhi dengan baik," kata Nadiem yang SekolahDasar.Net dari Liputan 6 (07/08/22).

Pemenuhan gizi dengan baik tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, melainkan tumbuh kembang anak kedepannya. Itu sebabnya, ia mengimbau satuan pendidikan sekolah dasar agar berpartisipasi dalam menanamkan perilaku hidup sehat kepada anak sejak usia dini.

Menurutnya, kampanye terkait gizi juga menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan saat ini untuk pulih dari situasi pandemi COVID-19. Peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang dan gaya hidup aktif harus digerakkan secara optimal dan berkelanjutan.

"Dalam hal ini, satuan pendidikan sekolah dasar memainkan peran yang sangat penting untuk menanamkan perilaku hidup sehat sejak usia dini. Selain itu, Kemendikbud Ristek juga akan meluncurkan program sekolah sehat" kata Nadiem.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini di sekolah-sekolah sudah terdapat unit kesehatan sekolah (UKS) yang bertugas melakukan pembinaan untuk mengembangkan kebiasaan hidup bersih dan sehat. UKS ini dijalankan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah.