Kebiasaan Sehat yang Perlu Orang Tua Ajarkan Sejak Dini
Cari Berita

Atas


Kebiasaan Sehat yang Perlu Orang Tua Ajarkan Sejak Dini

Sabtu, 11 Juli 2020

Kebiasaan Sehat yang Perlu Orang Tua Ajarkan Sejak Dini
Agar mental dan psikis anak berkembang sempurna, berikut kebiasaan sehat yang perlu orangtua ajarkan sejak dini.

Setiap orangtua tentu ingin anak mereka tumbuh jadi manusia yang sehat. Agar sehat itulah, gaya hidup anak memegang peranan penting. Orangtua yang mengajarkan kebiasaan sehat untuk anak sejak dini, tentu akan lebih nyaman saat buah hati beranjak dewasa. Kenapa begitu? Karena kebiasaan-kebiasaan sehat itu akan menjadi pedomannya sampai kapanpun.

Menurut Citra Annisya, M.Psi selaku psikolog anak, anak belum bisa memilih secara mandiri makanan dan kegiatan yang berdampak baik pada kesehatannya. Sehingga orangtua harus memberikan arahan yang tepat, supaya mereka terbiasa hidup sehat sampai dewasa. Seperti apa contoh kebiasaan sehat yang perlu diajarkan orangtua kepada anak sejak kecil? Berikut penjelasannya:

1. Biasakan Sarapan

Anak yang sudah diajarkan sarapan sejak kecil, tentu akan terbiasa sampai dewasa. Apalagi sarapan memiliki banyak manfaat seperti memaksimalkan fungsi otak, sumber energi seharian hingga mencegah penyakit diabetes atau jantung. Bahkan menurut Harvard Medical School, orang yang meninggalkan sarapan berpotensi empat kali lebih besar mengalami obesitas.

2. Minum Air Putih Rutin

Sedari kecil, orangtua haruslah membiasakan buah hati minum air putih secara rutin, alih-alih soda. AHA (American Heart Association) menyebutkan kalau gula dalam minuman soda tidaklah mengandung nutrisi, tapi juga memicu kenaikan kalori sehingga jadi obesitas. Dibandingkan soda, air putih lebih dibutuhkan karena sumber daya vital manusia.

3. Wajib Cuci Tangan

Cuci tangan sebelum makan, sepulang dari sekolah atau bermain dengan teman adalah kebiasaan sehat yang wajib diajarkan orangtua ke anak. Apalagi di masa pandemi Covid-19, anak harus disiplin cuci tangan dengan sabun. Ajarkan cara cuci tangan dengan benar yakni selama 20 detik hingga seluruh jari-jemari bersih.

4. Bersin dan Batuk dengan Tepat

Kendati tampak sederhana, tidak semua anak tahu cara bersin atau batuk dengan tepat. Karena ketika seseorang bersin, ada lebih dari 100 ribu kuman terbang keluar dari hidung dengan kecepatan 100 mil/jam! Agar anak tidak mengganggu orang di sekelilingnya, ajarkan cara batuk dan bersin dengan tepat yang menutup mulut dan hidung ke bagian dalam siku lengan.

5. Pembatasan Gawai

Zaman yang makin canggih membuat anak terbiasa menggunakan gawai seperti smartphone, laptop atau tablet. Namun Anda harus tahu bahwa penggunaan gawai yang sehat adalah maksimal 4 jam di depan layar per hari. Kecanduan gawai bisa membuat mata anak jadi lelah hingga obesitas karena malas gerak. Untuk itu ajarkan pembatasan gawai yang tepat padanya.

6. Rajin Olahraga

Banyak orang-orang dewasa yang malas berolahraga karena memang tidak menerapkan kebiasaan sehat itu sejak dini. Padahal orangtua harus mengenalkan rutinitas olahraga sebagai kegiatan fisik yang memang wajib dilakukan anak. Anak yang rajin olahraga bakal lebih kecil mengalami stres dan membuatnya makin fokus, serta lebih mudah tidur waktu malam.

7. Makan Makanan Sehat

Sejak kecil, usahakan agar anak terbiasa makan dengan aneka tekstur dan warna, supaya tidak pilah-pilih makanan. Apalagi makanan yang beragam ini adalah ciri makanan sehat seperti sayuran berserat, buah tinggi mineral dan vitamin hingga daging yang kaya gizi. Dengan begitu anak tidak akan cuma mau makan yang manis dan enak, tapi ternyata tidak sehat.

Tentunya jika kebiasaan-kebiasaan sehat diajarkan orangtua sejak anak masih kecil ini diterapkan dengan disiplin, maka buah hati bisa tumbuh jadi manusia yang sehat secara fisik dan mentak. Anak yang tumbuh maksimal akan membuat orangtua lebih tenang dan pastinya bahagia.