Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Bagi Kepala Sekolah Menciptakan Standar Kedisiplinan

Tips Bagi Kepala Sekolah Menciptakan Standar Kedisiplinan

Tips bagi kepala sekolah menciptakan standar kedisiplinan tentunya harus diperhatikan. Terlebih menciptakan kedisiplinan di lingkungan sekolah bukanlah hal yang mudah. Tugas kepala sekolah ini bukan hanya menjadi pemimpin saja. Namun juga menjadi administrator, supervisor, inovator, educator, hingga motivator bagi semua warga sekolah.

Lihat juga : 5 Inovasi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, disiplin adalah hal yang wajib ditanamkan terutama kepada para murid. Dengan disiplin ini mereka nantinya bisa hidup dengan lebih tertata dan teratur di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Meski begitu, bukan hal yang mudah dilakukan untuk menciptakan kedisiplinan di lingkungan sekolah. Karena terkadang ada beberapa warga sekolah yang tidak peduli dengan kedisiplinan.

Tips Bagi Kepala Sekolah Menciptakan Standar Kedisiplinan

Untuk itu, seorang kepala sekolah harus bisa menjadi contoh bagi yang lainnya dengan menciptakan kedisiplinan serta menunjukan rasa kedisiplinan dimanapun. Dalam pola hidup masyarakat sikap disiplin adalah kebiasaan yang sangat baik, sehingga harus ditanamkan sejak dini.

Dalam lingkungan sekolah keberhasilan kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya dengan memberikan contoh dan teladan yang menunjukan kedisiplinan. Nah, lebih jelasnya berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan kepala sekolah untuk menciptakan standar kedisiplinan di sekolah.

Membantu dan Membina

Tips bagi kepala sekolah menciptakan standar kedisiplinan yang pertama kepala sekolah harus bisa membantu dan membina semua warga sekolah terutama siswa untuk menciptakan kedisiplinan. Misalnya mulai dari hal kecil seperti mengajarkan siswa untuk berpakaian sesuai dengan peraturan atau mengajarkan kepada guru agar selalu datang tepat waktu.

Selain itu, kepala sekolah juga harus membantu membuat lingkungan sekolah selalu kondusif terutama ketika pembelajaran sedang berlangsung. Kepala sekolah juga harus membina para guru dan stafnya untuk senantiasa memberikan arahan kepada siswa agar memiliki sikap disiplin.

Memberikan Contoh Kedisiplinan

Biasanya para siswa maupun guru dan staf akan menjadikan kepala sekolah sebagai teladan mereka. Sehingga kepala sekolah bukan hanya menjadi pemimpin bagi mereka. Namun kepala sekolah juga menjadi teladan. Dalam hal ini seorang kepala sekolah harus bisa memberikan contoh yang baik.

Jika ingin semua warga sekolah disiplin, maka seorang kepala sekolah ada baiknya juga memberikan contoh kedisiplinan kepada semua warga sekolah. Sehingga nantinya guru, staf, dan semua warga sekolah dapat lebih disiplin karena meniru pemimpin mereka.

Memahami Lingkungan Sekolah

Tips bagi kepala sekolah menciptakan standar kedisiplinan selanjutnya kepala sekolah juga harus mampu memahami lingkungan sekolahnya. Karena biasanya lingkungan ini juga berpengaruh terhadap kedisiplinan warga sekolahnya. Dengan memahami lingkungan, kepala sekolah dapat menerapkan kedisiplinan dengan benar.

Kepala sekolah dapat menerapkan beberapa peraturan yang meningkatkan kedisiplinan warga sekolah sesuai dengan kondisi lingkungannya. Dengan ini kepala sekolah dapat dengan mudah mengendalikan dan mempengaruhi lingkungan sekolah sesuai kondisi lingkungan sekitarnya.

Memberikan Sanksi bagi yang Melanggar

Tentunya meningkatkan kedisiplinan bagi para warga sekolah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Pasti ada beberapa orang yang melanggarnya. Hal inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi kepala sekolah. Jika tidak disikapi dengan tega, tentunya akan sulit untuk mendisiplinkan mereka.

Tips bagi kepala sekolah menciptakan standar kedisiplinan ini sebaiknya kepala sekolah juga memberikan sanksi tegas bagi para pelanggar kedisiplinan di lingkungan sekolah. Sehingga mereka yang ingin melanggar peraturan atau melakukan hal yang tidak mencerminkan kedisiplinan menjadi menurun karena takut dengan sanksi yang diberlakukan.