Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ciri-ciri Sekolah Efektif Simak 4 Stigma Dasarnya Berikut Ini

Ciri-ciri Sekolah Efektif Simak 4 Stigma Dasarnya Berikut Ini

Meski beragam, ciri-ciri sekolah efektif pada dasarnya tetap mengacu dan mengarah pada kualitas hasil pembelajaran. Hal ini memiliki arti bahwa keberhasilan sekolah dipengaruhi oleh tujuan dan sasaran pendidikan yang hendak dicapai, serta periode tertentu sesuai lamanya pendidikan yang diselenggarakan di sekolah. 

Sekolah efektif memiliki pengertian sekolah yang memiliki tingkat kesesuaian antara rencana kegiatan dan hasil yang hendak dicapai, dimana target hasilnya telah ditetapkan terlebih dahulu. Jadi, sekolah tersebut memiliki manajemen yang baik, transparan, responsif, dan akuntabel sehingga mampu memberdayakan seluruh komponen sekolah dan pada akhirnya tercapailah tujuan sekolah secara efektif.

4 Ciri-Ciri Istimewa Sekolah Efektif

Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia masih membayangi dunia pendidikan di berbagai jenis dan jenjang pendidikan hingga saat ini. Hal ini berkaitan dengan skenario yang digunakan pemerintah selama ini dalam membangun mutu pendidikan, yakni lebih memprioritaskan pada pendekatan output dan input.

Pemerintah memiliki keyakinan bahwa peningkatan mutu input dan output pendidikan adalah sebanding. Keyakinan  tersebut mempengaruhi kebijakan dan upaya yang dijalankan pemerintah yang meliputi pengadaan sarana prasarana, guru, dana operasional sekolah lebih memadai, dan menatar para guru.

Sayangnya, hasil output yang muncul jauh dari ekspektasi. Semua upaya pemerintah tersebut tidak serta merta meningkatkan mutu pendidikan. 

Pengalaman ini memunculkan kenyataan bahwa mutu pendidikan lebih dipengaruhi oleh keefektifan sekolah. Lebih dari itu, sekolah efektif dinilai lebih sejalan dengan kebijakan nasional, yakni desentralisasi pendidikan dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah berbasis sekolah. Berikut adalah ciri-ciri sekolah efektif sekolah menurut Widodo (2011:34).

1. Adanya Standar Kedisiplinan 

Disiplin dianggap sebagai cerminan karakter pendidikan. Pemberlakuan standar disiplin diberlakukan untuk semua warga sekolah.

Dengan adanya standar kedisiplinan tersebut diharapkan mampu menciptakan suasana lingkungan belajar mengajar yang nyaman dan tentram. Dalam penerapannya, juga diberlakukan sanksi bagi si pelanggar.

2. Adanya Suatu Keteraturan dalam Rutinitas Kegiatan di Kelas

Ciri-ciri sekolah efektif berikutnya adalah tercipta suatu keteraturan dalam rutinitas kegiatan yang diadakan di dalam kelas. Keteraturan merupakan kondisi yang terbina secara tertib dari hasil interaksi sosial antar siswa dan guru.

Keteraturan yang tercipta berlangsung secara selaras, serasi, dan harmonis sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di sekolah, khususnya di kelas. Manfaat bagi para siswa yaitu melatih kehidupan sendiri. Sedangkan manfaat bagi warga kelas adalah memudahkan mereka untuk melakukan aktivitas di kelas.

3. Ada Reward bagi Siswa yang Berprestasi

Ciri-ciri sekolah efektif adalah menghargai setiap usaha yang dicapai para siswa. Ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian para siswa sehingga mampu membangkitkan motivasi peserta didik yang belum berprestasi.

Sedangkan bagi siswa berprestasi hal tersebut diharapkan menjadi upaya untuk mempertahankan prestasi yang telah dicapai. Reward atau penghargaan tersebut merupakan alat pendidikan represif yang menyenangkan.

4. Memiliki Standar Prestasi Sekolah yang Sangat Tinggi

Standar prestasi sekolah digunakan sebagai suatu alat evaluasi pembelajaran sehingga dapat menggambarkan tinggi rendahnya prestasi belajar para siswa. Sekolah efektif memberlakukan standar prestasi yang sangat tinggi. Hal ini bertujuan agar para siswanya selalu termotivasi untuk belajar lebih efektif dan efisien. 

Lihat juga : Tata Tertib Sekolah yang Terkesan Sepele Tapi Punya Manfaat Besar

Dalam hal ini guru memiliki peran yang cukup vital. Guru harus lebih aktif dalam pelaksanaan pendidikan. Selain bertindak sebagai motivator, guru juga berperan sebagai evaluator, yakni memiliki hak otoritas untuk memberi nilai prestasi anak didiknya.

Pada dasarnya, ciri-ciri sekolah efektif lebih menekankan pada kolaborasi yang baik antara seluruh warga sekolah. Studi keefektifan sekolah telah terbukti nyata membantu memecahkan masalah pendidikan yang berpengaruh pada peningkatan mutu pendidikan.