Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Tips Melatih Siswa Mengkomunikasikan Ide dan Gagasan

5 Tips Melatih Siswa Mengkomunikasikan Ide dan Gagasan

Setiap guru pastinya menginginkan anak didiknya mampu berpikir kreatif, berprestasi, dan semangat belajar. Selain itu, guru tentu juga ingin siswanya mampu mencetuskan gagasan baru. Sebenarnya hal tersebut bisa terwujud dengan menerapkan tips melatih siswa mengkomunikasikan ide di bawah ini.

Ragam Tips Melatih Siswa Mengkomunikasikan Ide

Siswa bisa mengkomunikasikan ide maupun gagasan dengan tips berikut.

1. Rutin Mengadakan Diskusi Kelompok

Salah satu tipsnya yaitu mengadakan diskusi kelompok secara rutin. Dalam 1 kelompok, sebaiknya tak lebih dari 5 siswa agar berjalan efektif. Dari diskusi ini, maka siswa bisa aktif mengeluarkan ide.

2. Memberikan Pertanyaan Pancingan

Selain rutin mengadakan diskusi kelompok, guru juga bisa melatih siswa mengkomunikasikan ide dengan cara memberikan pertanyaan pancingan. Biasanya hal tersebut membuat siswa lebih antusias. Dengan begitu, tips yang satu ini mampu membuat siswa aktif mencetuskan ide.

Tips melatih siswa mengkomunikasikan ide maupun gagasan ini cukup mudah. Anda tak perlu ragu mencobanya. Hal ini tak lain demi perkembangan prestasi anak didik.

3. Beri Apresiasi

Saat siswa berani dan penuh percaya diri untuk mengkomunikasikan idenya, maka Anda perlu memberikan apresiasi. Adapun salah satu bentuk apresiasi tersebut yaitu pujian. Dengan apresiasi, maka siswa akan merasa lebih dihargai.

Tak hanya itu saja, siswa juga tak ragu untuk mengeluarkan gagasan di lain kesempatan. Apresiasi yang Anda berikan juga harus tulus, jangan dibuat-buat. Apresiasi ini juga perlu diberikan meski ide yang disampaikan kurang tepat.

4. Beri Tugas Berbicara di Depan Kelas

Tips melatih siswa mengkomunikasikan ide selanjutnya yaitu dengan memberi tugas berbicara di depan kelas. Misalnya saja memberikan tugas untuk perkenalan, bercerita pengalaman, presentasi, dan lain sebagainya. Hal ini akan membentuk mental dan rasa percaya diri anak didik.

Dengan adanya tugas tersebut, maka siswa mau tak mau harus berani berbicara di depan kelas. Apabila hal tersebut sering dilakukan, maka akan jadi kebiasaan. Lambat laun anak didik akan lebih percaya diri untuk mengeluarkan gagasannya.

5. Beri Motivasi dan Dukungan

Pada dasarnya, tak sedikit siswa yang enggan mengeluarkan gagasannya bukan karena tak punya ide, melainkan merasa malu. Oleh karena itu, Anda harus mampu berperan sebagai tenaga didik yang peduli dengan siswanya. Sebagai guru yang baik, Anda harus memberi motivasi dan dukungan.

Bahkan Anda bisa membuat aturan agar tiap siswa wajib mengeluarkan idenya. Sebelumnya, Anda bisa sampaikan materi tertentu. Dengan cara ini, semua siswa bisa mengkomunikasikan ide yang ada di pikirannya sesuai materi.

Lihat juga : Trik Guru Telaten Mengajar Murid yang Belum Bisa

Terlihat jelas bahwa tips melatih siswa mengkomunikasikan ide memang beragam. Anda bisa memilih salah satu tips ataupun beberapa sekaligus agar hasilnya lebih cepat terlihat. Dalam menerapkan tips ini, Anda juga jangan terlalu memaksakan kehendak karena bisa membuat siswa merasa semakin tak nyaman sehingga enggan berkomunikasi.