Tips Agar Siswa Percaya Diri Untuk Maju Ke Depan Kelas
Cari Berita

Atas


Tips Agar Siswa Percaya Diri Untuk Maju Ke Depan Kelas

Rabu, 06 November 2019

Tips agar siswa percaya diri untuk maju ke depan kelas berpeluang besar untuk dirinya menjadi berprestasi di sekolah dan jadi sukses.

Siswa harus memiliki rasa percaya diri karena dengan percaya diri bisa membuat dirinya menjadi orang sukses. Rasa percaya diri penting dimiliki seorang siswa apalagi ketika diminta maju ke depan kelas. Tapi ada saja siswa yang merasa malu dan tidak percaya diri. Maka dari itu Anda wajib ikuti tips agar siswa percaya diri untuk maju ke depan kelas berikut:

1. Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan dan Nyaman

Bisa jadi siswa merasa malu atau tidak percaya diri saat diminta maju ke depan kelas karena takut. Faktor lainnya bisa juga karena merasa tertekan dengan metode belajar saat ini. Untuk itu sebagai seorang guru harus bisa memainkan perannya dengan menciptakan kondisi kelas yang nyaman dan menyenangkan.

Dengan begitu siswa tidak lagi takut untuk mengekspresikan pendapat atau bakat yang dimilikinya. Jika rasa percaya diri yang dimiliki siswa semakin besar maka peluang kesuksesan juga akan mengikutinya. Siswa jadi bisa lebih aktif dan bisa mengeluarkan seluruh kemampuan yang dimiliki.

2. Memotivasi Siswa dengan Kata-kata Positif

Tips agar siswa percaya diri untuk maju ke depan kelas bisa juga dilakukan dengan memberikan motivasi dengan kata-kata positif. Kata-kata motivasi bisa mendorong mental seorang siswa untuk bangkit dan membangun kepercayaan dirinya. Siswa terkadang merasa takut untuk mengutarakan pendapat karena takut apa yang disampaikan salah.

Jika ada siswa yang mengalami hal seperti ini maka Anda bisa coba katakan padanya “Jangan takut jika benar”, “Jika ingin berhasil harus berani bangkit dari kegagalan”, atau bisa juga berikan kata-kata motivasi, “Kegagalan hanya milik mereka yang tidak percaya diri”. Dengan begitu hati mereka jadi terdorong untuk percaya diri dan siap meraih kesuksesan.

3. Tumbuhkan Semangat Kompetitif antar Siswa

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan semangat kompetitif antar siswa. Cara yang bisa Anda lakukan dengan mengadakan kompetisi baik berupa tugas kelompok atau individual. Dalam kompetensi tersebut berikan hadiah bagi siapa saja yang menang. Dengan begitu siswa jadi lebih semangat dan mempersembahkan yang terbaik.

Jika kegiatan tersebut rutin dilakukan maka secara perlahan rasa malu yang dimiliki siswa akan kikis dengan tersendirinya. Maka dari itu Anda sebagai seorang guru perlu melakukan kegiatan ini demi memunculkan kepercayaan diri yang dimiliki seorang siswa.

4. Memberikan Pelatihan kepada Siswa

Tidak ada sesuatu yang bisa dicapai dengan mudah dan instan. Seorang pengacara, public speaking, atau dokter bisa menjadi ahli karena latihan. Begitu juga dengan siswa yang ingin memiliki rasa percaya diri maka perlu untuk dilatih. Guru bisa memberikan pelatihan kepada para siswa agar bisa lebih percaya diri.

Pelatihan tersebut bisa dengan memberikan tips dan trik berbicara di depan kelas, bersosialisasi di masyarakat, berorganisasi dan berbagai pelatihan lainnya. Anda bisa juga melakukan pelatihan dengan bentuk yang menyenangkan misalnya dengan membuat sebuah permainan.

5. Tidak Mendiskriminasi Siswa yang Melakukan Kesalahan

Jika ada siswa yang melakukan kesalahan dalam proses belajar maka jangan dimarahi atau mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan. Jika memang ada kesalahan yang dimiliki seorang siswa maka bisa coba cermati kesalahannya tersebut. Setelah itu coba terangkan dengan perlahan contoh yang baik dan benar.

Berikan semangat untuk tidak menyerah dan terus belajar. Lakukan hal ini sampai siswa merasa nyaman. Siswa yang nyaman maka akan lebih aktif dan semangat. Jangan turunkan semangatnya dan terus berikan dukungan dan selalu ingatkan untuk tidak melakukan kesalahan kembali.

Anda bisa coba praktikkan tips agar siswa percaya diri untuk maju ke depan kelas tadi kepada siswa Anda. Jangan biarkan ada siswa yang pemalu karena dirinya akan kesulitan untuk maju baik di masyarakat nantinya ataupun berprestasi di sekolah.