Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Collaboration (Kerja Sama) Elemen Pembelajaran Abad 21


Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, sikap, kecakapan pengetahuan dan teknologi. Tepatnya yaitu pembelajaran yang dirancang untuk generasi abad 21 supaya mampu mengikuti perkembangan teknologi yang terus mengalami pembaruan, terutama pada ranah komunikasi.

Tujuan dari pembelajaran ini yaitu agar tercipta manusia yang relevan dengan zamannya apalagi manusia di Indonesia. Dengan pembelajaran ini diharapkan siswa bisa beradaptasi dengan zaman sehingga mereka bisa berkompetisi dengan baik di masa depan yang akan datang.

Elemen Collaboration (Kerja Sama) dalam Pembelajaran Abad 21

Model Pembelajaran ini memiliki empat prinsip, yaitu pembelajaran harus berpusat pada siswa, pembelajaran harus kolaboratif, pembelajaran harus memiliki konteks dan sekolah harus terintegrasikan dengan lingkungan masyarakat atau sosial.

Selain itu, terdapat empat elemen yang mempresentasikan apa itu pembelajaran Abad 21. Keempatnya yaitu critical thinking atau berpikir kritis, creativity atau berpikir kreatif, collaboration atau kerja sama dan juga communication atau komunikasi. Kali ini kita akan membahas soal elemen collaboration atau kerja sama.

Elemen ini akan mengajak siswa untuk belajar membuat kelompok yang terdiri atas dua atau lebih orang untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Dalam kerja sama ini siswa akan dilatih untuk mendapatkan solusi terbaik dan bisa diterima oleh semua anggota grup atau kelompok.

Manfaat Elemen Kerja Sama

Manfaat utama elemen kerja sama ini juga beragam, yaitu:

  • Melatih siswa untuk bertanggung jawab.
  • Membuat siswa lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan masyarakat.
  • Memasang target yang tinggi untuk kelompok maupun individu.
  • Dalam dunia kerja, keterampilan ini juga bisa diterapkan untuk menghadapi rekan kerja lainnya maupun saat rekan berada pada lokasi yang saling berjauhan.

Tentunya dalam penerapan kerja sama ini harus disertai dengan kemampuan komunikasi serta kemampuan untuk menggunakan teknologi dan sosial media. Kemampuan tersebut tentunya juga akan menciptakan kolaborasi dengan kelompok-kelompok lainnya.

Guru Berperan Penting

Dalam pembelajaran ini tentunya guru menjadi sosok yang memiliki peran penting dan menjadi nahkoda untuk menjalani pelajaran. Guru harus menciptakan kondisi dan situasi yang mana siswa harus membuat kelompok dan saling bekerja sama.

Sebagai contoh guru bisa membagi kelas menjadi beberapa kelompok dengan anggota 4 hingga 5 orang. Kemudian berikanlah tugas pada masing-masing kelompok untuk mengerjakan sesuatu atau untuk memecahkan suatu masalah.

Biarkan siswa saling berkomunikasi dan bekerja sama untuk menyelesaikan tugas. Dengan begini maka siswa akan terlatih untuk bertanggung jawab dengan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Hal tersebut pun bisa membangun kemampuan kerja sama dan tanggung jawab yang nantinya akan berguna di masa depan.

Demikianlah pembahasan tentang elemen collaboration dalam pembelajaran Abad 21 ini. Tentunya elemen ini harus diterapkan sebaik mungkin karena memiliki peran yang penting untuk masa depan.