Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sistem Pendidikan yang Fokus pada Kebahagiaan Anak

Sistem Pendidikan yang Fokus pada Kebahagiaan Anak

Sistem Pendidikan negara Finlandia mulai diminati di Indonesia. Pendidikan di sana fokus pada kebahagiaan anak. Ini jadi salah satu faktor utama keberhasilan pendidikan. Utamanya, untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD.

Banyak faktor yang membuat sistem pendidikan Finlandia menjadi salah satu terbaik di dunia. Di antaranya, pendidikan guru yang bagus sampai kurikulum yang terstruktur dengan baik.

Pendidikan guru di sana sangat berpengaruh pada pendekatan terhadap siswa. Guru dapat memfasilitasi pertumbuhan, perkembangan, serta belajar anak di sekolah. Dukungan kurikulum yang dibentuk tematik juga kunci suksesnya. Anak bisa belajar banyak hal.

“Mereka sangat fokus pada kebahagiaan anak dan kecintaan anak di sekolah. Itu yang diperhatikan pertama,” kata Sudino Lim, CEO Kipina Kids Indonesia yang SekolahDasar.Net kutip dari Jawa Pos (22/10/2022).

Ia memberi contoh, ada kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa di sekolah. Siswa wajib berjemur minimal satu jam. Selain baik bagi kesehatan, anak juga belajar dekat dengan alam. Kegiatan ini terbukti membuat anak lebih bahagia daripada harus belajar hanya di dalam kelas seharian.

Menariknya lagi, sistem pendidikan Finlandia juga didukung sistem teknologi yang memadahi. Guru selalu memberikan hasil belajar anak di sekolah kepada orang tua setiap hari. Upaya ini dilakukan supaya orang tua paham perkembangan anak dan dapat menindaklanjutinya ketika di rumah. 


Pendidikan anak usia dini sangat fundamental. Bagaimana pendidikan diterima anak pada level ini akan membantu anak-anak ketika berada di jenjang lebih lanjut. Bahkan, membentuk pola pikir mereka ketika dewasa. Sehingga, dukungan guru dan kurikulum yang memadahi sangat dibutuhkan.