Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Modul Ajar PPKn Kelas 1 SD - Negara Kesatuan Republik Indonesia

Modul Ajar PPKn Kelas 1 SD - Negara Kesatuan Republik Indonesia

Pada implementasi Kurikulum Merdeka di kelas 1 Sekolah Dasar (SD) ada istilah modul ajar. Di dalam modul ajar terdapat komponen media, metode, langkah-langkah, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik. Untuk itu, guru kelas perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih bermakna.

Modul ajar adalah implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang guru dapat kembangkan dari Capaian Pembelajaran. Salah satu sasaran modul ajar Profil Pelajar Pancasila. Ketika menyusun modul ajar guru harus memperhatikan fase atau tahap perkembangan siswa dan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran.

Download Modul Ajar PPKn Kelas 1 Elemen : Negara Kesatuan Republik Indonesia

Salah satu mata pelajaran wajib pada Kurikulum Merdeka kelas 1 SD yaitu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Tujuan akhir dari kegiatan pembelajaran berkaitan erat dengan pembentukan karakter siswa. Di modul ajar, Profil Pelajar Pancasila tidak perlu dicantumkan seluruhnya. Guru bisa memilih Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran. Berikut contohnya:

Elemen: 

NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik dapat menyebutkan dan mempraktikan contoh perilaku dan sikap menjaga lingkungan di rumahnya serta menampilkan sikap kerja sama dalam menjaga lingkungan sekitar rumahnya.

Indikator Pencapaian Tujuan Pembelajaran(Pertemuan 1)
  • Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perilaku menjaga lingkungan di rumahnya 
  • Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh sikap menjaga lingkungan 
  • Peserta didik dapat menyebutkan  contoh perilaku menjaga lingkungan di rumahnya 
  • Peserta didik dapat menyebutkan contoh sikap menjaga lingkungan di rumahnya 

Indikator Pencapaian Tujuan Pembelajaran(Pertemuan 2)
  • Peserta didik dapat mempraktikan contoh perilaku dan sikap menjaga lingkungan di rumahnya 
  • Peserta didik dapat menampilkan sikap kerja sama dalam menjaga lingkungan sekitar rumahnya.

Konsep Utama: 

Perilaku dan Sikap  Menjaga Lingkungan

PROFIL PELAJAR PANCASILA
  • Kemandirian 
  • Berakhlak mulia
  • Kerjasama  
Selengkpanya file Modul Ajar (MA) PPkn untuk kelas 1 SD materi pokok Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai referensi guru melengkapi perangkat ajar untuk Implementasi Kurikulum Merdeka dapat anda download di bawah ini. Format dan dan isi sesuai dengan buku panduan terbitan Kemendikbudristek yang terbaru. Berikut link downloadnya:


Guru kelas diberi kebebasan untuk mengembangkan modul ajar PPKn sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik. Demikian Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 1 SD yang dapat kita bagikan. Semoga MA PPKN SD Kelas 1 elemen pokok Negara Kesatuan Republik Indonesia bermanfaat untuk guru melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka.