Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Prota dan Promes Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka

Prota dan Promes Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka

Program Semester (promes) Kurikulum Merdeka berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih dan merancang kurikulum mereka sendiri, sesuai dengan minat, bakat, dan tujuan belajar masing-masing. Konsep ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, mengembangkan kreativitas dan inisiatif peserta didik.

Pada program semester, guru kelas 5 juga memberikan kesempatan siswa untuk mengembangkan proyek atau melakukan eksplorasi mandiri dalam bidang minat mereka. Mereka dapat melakukan penelitian, eksperimen, atau proyek kreatif yang sesuai dengan minat dan tujuan belajar mereka. Anda dapat mengadopsi pendekatan Program Semester Kurikulum Merdeka dengan mempertimbangkan kemampuan dan kebutuhan siswa.

Guru kelas 5 SD dapat menggunakan metode observasi, percakapan informal, atau kuesioner sederhana untuk memahami minat siswa. Setelah itu, tentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai selama semester tersebut. Tujuan ini harus mencakup pembelajaran inti yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Guru mengumpulkan sumber daya dan materi pembelajaran yang relevan untuk setiap mata pelajaran.

Langkah selanjutnya dalam menyusun program semester, adalah merencanakan waktu dan penjadwalan. Susun jadwal atau rencana waktu untuk setiap mata pelajaran dan kegiatan dalam program semester kelas 5 SD. Pertimbangkan ketersediaan waktu yang dimiliki sesuai program tahunan (prota) yang mengaju pada kalender pendidikan.

Download Prota dan Promes Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka

Prota (Program Tahunan) dan Promes (Program Semester) adalah dua instrumen perencanaan pembelajaran yang digunakan dalam konteks Kurikulum Merdeka di kelas 5 SD. Prota adalah perencanaan pembelajaran dalam skala tahun ajaran. Dokumen ini menggambarkan gambaran keseluruhan pembelajaran yang akan dilakukan selama satu tahun. Prota menguraikan mata pelajaran dan kompetensi yang akan diajarkan dalam kurikulum, dan jadwal waktu yang akan digunakan.

Promes merupakan rencanaan pembelajaran dalam skala semester. Dokumen ini merinci kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan selama satu semester. Promes mencakup tujuan pembelajaran yang akan dicapai, materi pembelajaran yang akan diajarkan, sumber daya yang digunakan, metode pengajaran yang akan diterapkan, dan evaluasi yang akan digunakan untuk mengukur kemajuan siswa. Dalam Konteks Kurikulum Merdeka kelas 5, Promes mungkin berisi daftar kegiatan pembelajaran yang beragam, termasuk kegiatan dalam mata pelajaran inti dan kegiatan yang berhubungan dengan minat siswa, seperti proyek.

Perlu dicatat bahwa implementasi Prota dan Promes dalam Konteks Kurikulum Merdeka kelas 5 dapat bervariasi. Informasi yang lebih spesifik dan akurat tentang penggunaan Prota dan Promes dalam Konteks Kurikulum Merdeka kelas 5 SD dapat guru pelajari secara mendalam melalui pelatihan. Contoh prota dan Promes kelas 5 semester ganjil dan genap SD Kurikulum Merdeka dalam format MS Word dapat Anda download melalui tautan berikut ini:


Guru kelas 5 harus membuat program pembelajaran yang mencakup materi pembelajaran, alokasi waktu, dan urutan pembelajaran. Rencanakan dengan memperhatikan keterkaitan antara materi pembelajaran yang berbeda. Guru dapat bekerjasama dengan guru lainnya untuk berbagi ide, pengalaman, dan sumber daya. Kolaborasi ini dapat membantu meningkatkan kualitas program pembelajaran dan memberikan variasi dalam pendekatan pengajaran. Fleksibilitas dan kemampuan untuk menyesuaikan program pembelajaran dengan perkembangan siswa sangat penting dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang efektif dan bermakna.