Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 5 Mapel Bahasa Indonesia

Soal Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 5 Mapel Bahasa Indonesia

Pada Kurikulum Merdeka dikenal kegiatan Sumatif Tengah Semester atau STS. Dulu juga dikenal dengan sebutan Penilaian Tengah Semester. Asesmen Sumatif Tengah Semester 2 semakin dekat. Bagi siswa supaya mempersiapkan diri menghadapi STS.

Inilah contoh Soal STS mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD Kelas 5 Semester 2 sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Bentuk dari contoh Soal STS Semester 2 dibawah ini adalah pilihan ganda dan isian. Berikut contoh soal STS dan Kunci Jawabannya.

2. Teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial disebut teks ....

a. Deskripsi
b. Eksplanasi
c. Eksposisi
d. Narasi

Jawaban : B

3. Baca teks berikut!

Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan korek gas.

Kalimat pertama pada teks tersebut adalah struktur teks eksplanasi berupa ....

a. Interpretasi
b. Kalimat penjelas
c. Pernyataan umum
d. Urutan sebab akibat

Jawaban : C

Download Soal Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 5 Mapel Bahasa Indonesia

Fungsi ujian atau asesmen bagi siswa kelas 5 bisa tahu sejauh mana pemahaman terkait materi Bahasa Indonesia yang diberikan sampai dengan pertengahan Semester 2. Sedangkan bagi guru bisa untuk evaluasi Kriteria Ketercapaian Tujuan Minimal (KKTP).

Semakin banyak belajar dari contoh soal yang ada maka semakin banyak pengetahuan siswa terkait materi yang sudah diberikan. Soal Asesmen Sumatif Tengah Semester (STS) Semester 2 Bahasa Indonesia kelas 5 dapat Anda download melalui tautan berikut ini:


Soal STS atau UTS kelas 5 semester 2 mata pelajaran Bahasa Indonesia diambil dari Buku kelas 5 Kurikulum Merdeka materi pokok Menjadi Warga Dunia dan Cinta Indonesia. File soal berformat MS Word yang bisa diedit dengan mudah. Semoga bermanfaat.