» » Tips Menghadapi Ujian UKG Online

Tips Menghadapi Ujian UKG Online

Ujian UKG online akan dilaksanakan secara bertahap, untuk tahun 2012 ini, Uji kompetensi awal (UKG) akan dikhususkan pada guru-guru yang sudah mendapatkan sertifikasi pendidik. Sebenarnya ujian atau evaluasi sendiri tidak jauh dari keseharian guru. Sudah biasa guru mengadakan atau memberikan ujian pada peserta didiknya untuk evaluasi. Lha, sekarang gantian, guru yang akan diuji dengan mengerjakan soal-soal UKG online yang akan dilakukan mulai 30 Juli sampai 12 Agustus 2012.

Sekarang SekolahDasar.Net akan mencoba berbagi, tips untuk menghadapi ujian UKG online yang mengujikan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Sebagai kebijakan baru dari Kemendikbud untuk berusaha meningkatkan kualitas pendidikan, UKG online adalah pertama kali diberlakukan. Sehingga akan muncul kebingungan  dari kalangan guru yang diuji jika sosialisasi tidak maksimal.

Sebelum memberikan tips ketika pelaksanaan UKG online, sebaiknya kita simak lagi tata cara mengikuti ujian UKG online yang dikutip dari Buku Pedoman UKG. Persiapan yang matang tanpa mengetahui tata cara akan bisa menyusahkan diri sendiri. Berikut tips menghadapi ujian UKG online:

1. Belajar mengerjakan soal-soal latihan UKG. Coba saling berhubungan dengan teman-teman Anda, mencari soal-soal latihan soal yang berisikan materi pedagogik dan profesional. Pelajari kisi-kisi soal UKG yang sudah didapatkan. Bisa juga mencoba mengerjakan kembali soal-soal ketika UKA PLPG. Lebih baik saling bertukar pendapat dengan teman dan mencari referensi.

2. Pastikan data anda benar, ini penting untuk menyesuaikan soal yang akan dikerjakan, karena soal ujian yang akan diberikan adalah yang sesuai dengan sertifikat dan ijasah. Untuk itu segera cek data Anda, dan minta perbaikan jika salah. Cari tahu, kapan dan di mana tempat ujian Anda, bisa ditanyakan di dinas pendidikan setempat.

3. Pahami dan kenali betul tentang seluk beluk UKG, untuk itu anda bisa mengunduh buku pedoman UKG. Di sana ada banyak informasi, tentang apa yang akan diujikan dalam UKG online, jadwal secara umum, termasuk tata cara ujian seperti di atas. Pahami juga cara mengerjakan ujian di software UKG online, karena inilah sistem barunya, yaitu ujian dikerjakan secara online.

4. Coba tanyakan pada guru yang sudah melakukan ujian. Karena UKG online akan dilakukan bertahap, setidaknya ada 3 tahap dan setiap secara bergelombang, jadi ada kesempatan untuk bertanya kepada teman guru yang sudah melaksanakan ujian UKG online. Bertanya tentang bagaimana model soalnya atau cara mengerjakan ujiannya dan yang lain sebagainya.

5. Saat mengerjakan berkonsentrasilah, Ujian dilaksanakan secara online di depan komputer, saat membaca soal di layar monitor tentu berbeda dengan membaca soal di atas kertas. Cahaya dari layar monitor sering membuat kita sering salah membaca dan kurang konsentrasi. Akan ada 100 soal UKG yang akan dikerjakan dengan waktu 120 menit. Pastikan soal yang akan dikerjakan sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimiliki.

6. Tetaplah tenang dan berdoa. Jangan terlalu stres menghadapi ujian UKG online, ini bukanlah ajang untuk menghukum jika nilai tidak sesuai standar. UKG online sesuai tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana kompetensi guru untuk pengembangan profesi dan pemberian pendidikan yang sesuai. Terus berdoa' semoga lancar dan sukses dalam menghadapi ujian.

Yang terpenting tidak perlu takut dalam menghadapi ujian UKG online. Jangan terpengaruh dengan oknum yang mengatakan bisa memberikan bocoran soal dengan imbalan uang. Cobalah menerapkan apa yang biasanya anda nasihatkan untuk peserta didiknya ketika menghadapi ujian. Semoga tips di atas bermanfaat, anda pun juga boleh menambahkan tips-tips menghadapi UKG ini dengan menuliskannya di kolom komentar di bawah ini.

Ditulis oleh: Kurnia Septa | @kurniasepta



SekolahDasar.Net | 29 Juli 2012
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA