• Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

    Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak
    Bagaimana caranya meningkatkan konsentrasi belajar anak , adakah trik-trik atau cara-cara yang jitu dan menarik dalam hal ini, tolong solusinya? ~Trisna Geg

    Itulah salah satu pertanyaan atau permasalahan yang dihadapi guru, ketika kami mencoba menanyakan di halaman SEKOLAH DASAR. Dari situlah, SekolahDasar.Net memiliki ide, untuk nantinya setiap minggu akan diadakan semacam diskusi.

    Pertanyaan tentang cara meningkatkan konsentrasi belajar anak itu kami lempar kembali ke anggota. Tentu jawabannya beragam berdasarkan pengetahuan atau pengalaman mereka. Membuat anak konsentrasi belajar harus didukung dengan kondisi dan kesehatan anak yang prima. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dipraktekan untuk meningkatkan konsentrasi belajar:

    1. Menyisipkan cerita
    Anak-anak suka dengan cerita, kita bisa menyisipkan cerita ketika sedang mengajar, tentu cerita yang disampaikan berkaitan dengan materi yang diajarkan. Anak akan mengingat jalannya cerita bersamaan dengan materi yang dipelajarinya.

    2. Membuat permainan
    Membuat permainan yang membutuhkan konsentrasi anak. Beberapa contoh permainan yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi contohnya: Anak-anak diminta berhitung secara berurutan, nanti setiap anak yang mendapatkan giliran menyebutkan misalnya kelipatan 5 harus bilang "Yes", jika ada anak yang salah mendapatkan hukuman yang mendidik. Bapak Ibu sudah pernah mencoba jenis permainan ini?

    3. Menggunakan media dan metode pembelajaran yang menarik
    Penting sekali, khususnya untuk anak-anak SD menggunakan media pembelajaran yang menarik yang sesuai dengan materi yang dipelajari. Serta menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif yang bisa bisa membuat anak lebih aktif untuk belajar dan menemukan pengetahuan baru. Penggunaan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang menarik bisa membantu anak untuk lebih berkonsentrasi.

    4. Mengadakan tanya jawab setelah materi selesai diajarkan
    Setelah materi yang guru ajarkan pada anak selesai, guru dapat mengadakan tanya jawab. Selain cara ini bisa untuk mengetahui sejauh mana anak menerima pelajaran, dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru dapat membuat anak untuk berpikir kembali, mengingat apa yang sudah mereka dapatkan tadi.

    Itulah beberapa tips atau cara untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak. Tentunya setiap guru menginginkan materi yang sudah dipelajari anak bisa terserap dengan maksimal. Untuk itulah beberapa cara di atas patut dicoba. Apakah Bapak Ibu punya tips untuk membuat anak jadi lebih konsentrasi? Tulis saja di kotak komentar!

    SekolahDasar.Net | 22/09/12 | #Diskusi #Perkembangan Anak

    Ketik email Anda:

KOMENTARI Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Baca Informasi Terbaru