» » » » Jadwal Pengumuman Hasil US dan Kelulusan SD

Jadwal Pengumuman Hasil US dan Kelulusan SD

Hasil US dan kelulusan siswa SD akan diumumkan oleh sekolah.
Hasilnya Ujian Sekolah (US) untuk tingkat SD dan sederajat akan diumumkan pada minggu ketiga bulan Juni 2014. Jadwal ini sesuai dengan yang tertulis pada buku Prosedur Operasi Standar (POS) US SD tahun pelajaran 2013/2014 yang dirilis oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

US merupakan ujian akhir untuk tingkat SD dan sederajat sebagai penganti Ujian Nasional (UN) yang telah dihapus. Ujiannya telah dilaksanakan pada tanggal 19 sampai 21 Mei 2014. Tiga mata pelajaran yang diujiakan yaitu; Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Pelaksanaan US SD diserahkan kepada masing-masing dinas pendidikan provinsi. Jika sesuai jadwal hasil US oleh dinas pendidikan kabupaten/kota akan dikirim ke sekolah pada tanggal 14 Juni 2014. Kriteria kelulusan US yang mencangkup nilai minimal setiap pelajaran dan nilai rata-ratanya ditetapkan oleh sekolah.

Pengumuman kelulusan siswa SD dan satuan pendidikan yang sederajat dilaksanakan paling lambat empat minggu setelah pelaksanaan US. Siswa dinyatakan lulus jika menyelesaikan seluruh program pembelajaran, nilai rapor minimal baik, dan lulus ujian sekolah. Siswa dinyatakan lulus melalui rapat dewan guru.

Berbeda dengan pengumuman pada tingkat SMP dan SMA yang bisa dilakukan secara online, hasil US dan kelulusan siswa SD akan diumumkan oleh sekolah masing masing secara langsung. Pelaksanaan pengumuman bervariasi jadwalnya sebab menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing daerah.



SekolahDasar.Net | 30 Mei 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA