» » » Inilah Materi Soal Tes Seleksi CPNS Tahun 2014

Inilah Materi Soal Tes Seleksi CPNS Tahun 2014

Soal TKD seleksi CPNS disusun oleh tim ahli dari konsorsium Perguruan Tinggi Negeri (ilustrasi: antara)
Materi tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 terdiri dari dua, yaitu: Tes Kompetensi Dasar PNS (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

TWK pada tes seleksi CPNS 2014 untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan ndonesia yang meliputi:
 Pancasila
, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Materi TKW juga terdiri dari sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar.

TIU dimaksudkan untuk menilai peserta tes seleksi CPNS 2014 yaitu kemampuan verbal, numerik, berpikir logis, dan kemampuan berpikir analitis. Sedangkan TKP untuk menilai integritas diri,
 semangat berprestasi,
 kreativitas, inovasi,
 dan sejenisnya.

Nilai ambang batas (passing grade) dari masing-masing tes TKD yang terdiri dari sub TWK, TIU dan TKP ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Soal TKD seleksi CPNS disusun oleh tim ahli dari konsorsium Perguruan Tinggi Negeri.

Untuk pelamar umum, instansi dapat melakukan tes kompetensi bidang dalam arti tes kompetensi bidang tidak wajib diadakan sehingga dapat melakukan TKD saja atau TKD dan TKB, sesuai kebutuhan jabatan.

Tes TKB adalah tes sesuai bidang tugas masing-masing jabatan, misalnya untuk jabatan guru dengan tes bidang kependidikan. Soal TKB disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional, contohnya oal tes bidang kependidikan disusun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



SekolahDasar.Net | 15 September 2014
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA