» » » » Jokowi Minta Guru Tekankan Nilai Etika Pada Siswa

Jokowi Minta Guru Tekankan Nilai Etika Pada Siswa

Jokowi Minta Guru Tekankan Nilai Etika Pada Siswa
Nilai-nilai karakter diri, kedisiplinan, optimisme, kerja keras, mohon oleh para guru agar nilai-nilai itu terus disuntikkan kepada anak didik
Para tenaga pendidik atau guru seluruh Indonesia diminta agar senantiasa menekankan nilai-nilai etika kepada para siswa. Hal ini disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya pada acara puncak Hari Guru Nasional (HGN) 2016. Menurutnya, sesungguhnya nilai etika masih menjadi kekurangan masyarakat di negeri ini.

"Yaitu nilai-nilai karakter diri, kedisiplinan, optimisme, kerja keras, mohon oleh para guru agar nilai-nilai itu terus disuntikkan kepada anak didik kita. Etika berbicara, etika menghormati guru, menghormati orang tua, seniornya karena ini adalah nilai-nilai Indonesia," kata Jokowi yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (28/11/16).

Baca juga: Hormati Guru akan Jadi Gerakan Nasional

Presiden RI meminta para guru menekankan nilai-nilai tersebut mulai dari jenjang sekolah usia dini, seperti di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Karena di sinilah, sebetulnya, menurut Jokowi, Indonesia memiliki kekurangan yang harus diperbaiki.

Menurut Jokowi, pertarungan antarnegara sangat sengit. Anak-anak yang produktif akan jadi kekuatan, modal kekuatan bersaing dengan negara lain. Tetapi jika tidak disuntikkan nilai-nilai krusial sejak dini, nasib bangsa Indonesia dipertaruhkan. Guru memiliki peran sentral mengantarkan anak didik ke masa depannya.



SekolahDasar.Net | 28 November 2016
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA