» » » » Harus Peka Kecedasaran Anak, Jangan Labeli Anak

Harus Peka Kecedasaran Anak, Jangan Labeli Anak

Harus Peka Kecedasaran Anak, Jangan Labeli Anak
Orang tua harus peka di mana letak kecerdasan anak.
Setiap orang tua pasti berharap anaknya berprestasi seperti mendapat nilai yang tinggi atau menjadi ranking satu di kelasnya. Anak yang selalu mendapat ranking satu selalu dianggap pintar, sedangkan yang tidak mendapat ranking dianggap sebaliknya.

Indra Kusumah SPsi MSi CHt, seorang psikolog mengatakan, orang tua sebaiknya jangan memberikan label pintar dan bodoh serta memaksa untuk menjadi juara di kelas. Orang tua harus peka terhadap kecerdasan anak, kecerdasan itu tidak melulu mendapat nilai bagus.

Banyak orang tua yang mempermasalahkan rapot anaknya ketika melihat nilai Matematika 5 sedangkan seni 9. "Nah, malah fokus ke nilai yang rendah dan lupa untuk mengembangkan potensi lainnya," kata Indra yang SekolahDasar.Net kutip dari Tribunnews (08/08/17).

Orang tua harus peka di mana letak kecerdasan anak, karena jika orang tua salah menyikapi akan memberikan efek kepada anak. Pemberian label pintar dan tidak pintar yang diberikan oleh orang tua akan berpengaruh kepada konsep diri anak ketika dewasa.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 8 Agustus 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA

Suka dan Ikuti SekolahDasar.Net