Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Aplikasi Soal Latihan UKG 2013

Download Aplikasi Soal Latihan UKG 2013
Uji Kompetensi Guru (UKG) rencana akan digelar pertengahan Mei mendatang. Seperti yang sudah pernah dilakukan tahun lalu, UKG 2013 akan memakai sistem online. Soal-soal UKG dikerjakan melalui software aplikasi yang sudah disediakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Tahun lalu, materi yang akan diujikan dalam UKG ada 2 kompetensi yang akan diujikan. Dua kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, dengan komposisi 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional. Jumlah soal yang harus diselesaikan berjumlah 100 soal.

Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi khas, yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran. Sedangkan Kompetensi Profesional berupa penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Sebelumnya pernah berbagi kumpulan soal UKG 2013 dalam bentuk file yang bisa didownload untuk bahan latihan (belajar). Nah, kali ini tersedia soal-soal UKG 2013 yang berbentuk aplikasi flash yang dapat dipakai untuk mempersiapkan diri, khususnya bagi guru yang akan mengikuti UKG 2013. Untuk mendownloadnya, klik tautan di bawah ini

12,22 MB

miror link

Soal-soal yang telah didownload bisa digunakan untuk latihan mengerjakan soal UKG dalam bentuk aplikasi flash yang bisa digunakan tanpa harus terkoneksi dengan internet. Soal-soal itu umumnya berupa uji kompetensi pedagogik, untuk guru sekolah tingkat dasar, yaitu guru TK, SD, dan SMP. Bagaimana software UKG online, bisa dilihat videonya di sini.