Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

RPP Kurikulum KTSP Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD

RPP Kurikulum KTSP Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD
RPP Berkarakter sesuai Kurikulum KTSP untuk kelas 1-6 SD.
Pada semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 ini, sebagian besar sekolah kembali menerapkan Kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Untuk pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran, guru harus kembali membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan Kurikulum KTSP.

Sebelum membuat RPP, terlebih dulu guru menyusun silabus sebagai program pembelajaran. Di dalam RPP berkarakter sesuai KTSP di dalam kegiatan pembelajaran (skenario/langkah pembelajaran) terdapat 3 tahapan, yaitu tahapan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi. Pada kelas rendah, yaitu kelas 1, 2, dan 3 menggunakan RPP tematik.

Baca juga: Silabus Semester 2 Kelas 1-6 SD Kurikulum KTSP

RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Dalam menyusun RPP KTSP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP tersebut.

Di dalam RPP secara rinci harus memuat Identitas RPP, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian. RPP Berkarakter kelas 1-6 SD sesuai Kurikulum KTSP dapat didownload di bawah ini.

Kumpulan RPP Berkarakter Kurikulum KTSP Kelas 1-6 SD

Dari RPP Berkarakter KTSP yang telah didownload di atas diharapkan guru mampu untuk mengembangkan kembali sesuai karakter peserta didik dan kondisi sekolah masing-masing, sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas supaya peserta didik menguasai kompetensi yang diharapkan.