Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mendikbud Minta Sekolah Harus Menyenangkan

Mendikbud Minta Sekolah Harus Menyenangkan
Jika guru dan kepala sekolahnya tidak menyenangkan, jangan harap sekolah bisa menjadi tempat belajar yang menyenangkan.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan meminta kepada seluruh lembaga pendidikan untuk menjadikan sekolah sebagai tempat belajar yang menyenangkan. Menurut Mendikbud, sekolah yang menyenangkan dimulai dari peran guru dan kepala sekolah.

Suasana sekolah yang menyenangkan dapat muncul ketika seorang guru dapat membawakan suasana belajar yang tidak menegangkan, dan menerapkan berbagai metode pembelajaran yang menyenangkan. Tidak diasosiasikan hanya dengan tempat pembelajaran yang mewah dan mahal.

"Jika guru dan kepala sekolahnya tidak menyenangkan, jangan harap sekolah bisa menjadi tempat belajar yang menyenangkan. Untuk itu mari kita lakukan hal yang berbeda," kata Mendikbud yang SekolahDasar.Net kutip dari kemdikbud.go.id (19/05/15).

Guru harus melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar. Guru dapat menanyakan kepada siswa metode pembelajaran seperti apa yang mereka inginkan. Dengan begitu, suasana pembelajaran di sekolah akan lebih kondusif.

Baca juga: Berilah Anak Kesenangan dalam Belajar

Mendikbud yakin jika siswa merasakan nyaman dan senang ketika belajar di sekolah, prestasi para siswa akan lebih meningkat. Selain itu, Mendikbud minta sekolah juga harus dapat menjadi tempat belajar yang berintegritas.

"Tidak boleh terlupakan, selain sekolah juga sebagai tempat belajar yang menyenangkan, juga sekolah harus dapat menunjukan sebagai tempat belajar yang berintegritas. Guru dan kepala sekolah dapat menjadi teladan bagi para siswa," pesan Mendikbud.