Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Untuk Kelas 6 SD

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Untuk Kelas 6 SD
Aplikasi KKM terbaru untuk kelas 6 SD semester 1 dan 2 mata pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan SBK.
Saat membuat Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk kelas 6 SD harus memperhatikan: kompleksitas, daya dukung, dan kemampuan (intake) rata-rata siswa. Kompleksitas merupakan tingkat kesulitan materi, dengan menentukan KKM Indikator, KKM Kompetensi Dasar (KD), KKM Standar Kompetensi (SK).

Baca juga: Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Untuk Kelas 5 SD

Daya dukung yang dimaksud dalam menyusun KKM adalah ketersedian sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah dalam menunjang kegiatan belajar siswa. Intake merupakan tingkat kemampuan rata-rata siswa yang bisa didasarkan pada nilai yang dicapai siswa pada kelas sebelumnya, yaitu kelas 5 SD.

Setiap mata pelajaran memiliki nilai KKM yang berbeda. Berikut ini aplikasi KKM terbaru berbasis MS Excel untuk kelas 6 SD semester 1 dan 2 dengan rincian per mata pelajaran yaitu, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan SBK, dapat didownload melalui tautan berikut ini:


KKM menjadi acuan bersama guru, siswa, dan orang tua. Mereka berhak untuk mengetahuinya. Sekolah perlu melakukan sosialisasi agar informasi dapat diakses dengan mudah oleh peserta didik dan atau orang tuanya. Kriteria ketuntasan minimal harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar (LHB).