Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Setelah UKG, Guru Bersiap Hadapi Penilaian Kinerja

Setelah UKG, Guru Bersiap Hadapi Penilaian Kinerja
Setelah mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG), guru di Indonesia harus kembali bersiap menghadapi Penilaian Kinerja Guru (PKG).
Setelah mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) yang dilaksanakan sepanjang bulan November 2015, sekitar 2,9 juta guru di Indonesia harus kembali bersiap menghadapi tes berikutnya, yaitu Penilaian Kinerja Guru (PKG).

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan, PKG akan dilaksanakan tahun depan. Skema ini menilai guru secara lebih menyeluruh, baik secara pengetahuan maupun kemampuan.

"Karena orang yang jago dalam matematika belum tentu bisa mengajar matematika. Yang mahir dalam pelajaran bahasa Inggris belum tentu jago ngajar bahasa Inggris," kata Pranata yang SekolahDasar.Net kutip dari Okezone (11/11/15).

Baca juga: Hasil UKG Menentukan Bentuk Pelatihan Guru

Pengawas, kepala sekolah, siswa, komite sekolah akan dijadikan komponen penilai dalam PKG. Nantinya, nilai UKG akan digabungkan dengan PKG. Skor akhir kedua tes ini akan menjadi potret utuh kompetensi yang dimiliki seorang guru.

"Kenapa siswa? Siswa itu bisa tahu bila selama satu semester gurunya hanya ngasih soal atau hanya mencatat padahal bukunya sudah ada. Siswa bisa menilai itu," kata Pranata.

Pranata menegaskan, Kemendikbud tidak mengejar target ketuntasan minimal kompetensi guru. Yang dikejar adalah guru sebagai pembelajar, jika gurunya mau belajar maka para siswa pun lebih mau lagi belajar.