Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Guru SD Harus Memiliki Buku Panduan Penilaian Ini

Panduan ini sangat bermanfaat bagi para guru SD karena bersisi tentang teknik-teknik penilaian.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud telah menyusun Buku Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD). Panduan ini disusun sebagai acuan praktis bagi para guru SD dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik yang komprehensif dan objektif meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Panduan ini juga sekaligus pedoman praktis untuk mengolah dan membuat laporan hasil penilaian tersebut secara akutabel dan informatif. Panduan ini sangat bermanfaat bagi para guru SD karena menyajikan informasi praktis tentang teknik-teknik penilaian, dilengkapi contoh serta langkah pelaksanaan penilaian, pengolahan nilai hingga cara mengisi rapor.

Selain itu, buku ini untuk juga sebagai acuan guru SD dalam menerapkan program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan belajar dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai kriteria ketuntasan belajar. Bagi kepala sekolah buku ini sebagai acuan dalam memberikan pembinaan kepada guru.

Diharapkan dengan buku panduan ini para guru SD dapat melaksanakan tugasnya sehari-hari di kelas secara lebih professional sehingga pada akhirnya mutu pendidikan kita dapat lebih terjaga dan terus meningkat. Buku panduan penilaian yang harus dimiliki oleh guru SD ini dapat didownload di tautan berikut ini


Sistem penilaian yang komprehensif sesuai dengan standar nasional pendidikan merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan sesuai agenda prioritas pembangunan pendidikan nasional tahun 2015 – 2016 sebagaimana telah diamanatkan di dalam Peraturan Presiden Nomor 2 tahun 2015 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2016.