Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Silabus SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013

Langkah-langkah yang dilakukan dalam mengembangkan silabus tematik
Langkah-langkah dalam mengembangkan silabus tematik SD/MI.
Kurikulum 2013 memiliki tujuan khusus untuk mempersiapkan generasi baru dan penerus bangsa yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Untuk itu, perancangan Kurikulum 2013 perlu memperhatikan kebutuhan peserta didik saat ini dan di masa depan yang dimasi ditengah pengaruh globalisasi dan kemajemukan masyarakat Indonesia.

Memperhatikan konteks global dan kemajemukan masyarakat Indonesia itu, misi dan orientasi kurikulum 2013 diterjemahkan dalam praktik pendidikan dengan tujuan khusus agar peserta didik memiliki kompetensi yang diperlukan bagi kehidupan masyarakat di masa kini dan di masa mendatang. Kompetensi yang dimaksud meliputi tiga kompetensi, yaitu: (1) menguasai pengetahuan; (2) memiliki keterampilan atau kemampuan menerapkan pengetahuan; (3) menumbuhkan sikap spiritual dan etika sosial yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Silabus tematik yang dikembangkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merupakan suatu model, satuan pendidikan dapat mengembangkan silabus tematik dengan mengambil tema yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan. Satuan pendidikan juga dapat langsung menggunakan model silabus ini atau dapat juga dengan mengadaptasi sesuai karakteristik satuan pendidikan. Silabus tematik terpadu untuk jenjang SD/MI Kurikulum 2013 dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Silabus tematik di SD/MI dikembangkan menggunakan model jaring laba-laba (webbed). Pembelajaran terpadu model jaring laba-laba (webbed) dikembangkan dengan memadukan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam suatu tema. Pengembangan silabus dilakukan merujuk silabus mata pelajaran, untuk materi pembelajaran menyesuaikan dengan kompetensi dasar setiap mata pelajaran. Sedangkan kegiatan pembelajaran merupakan gabungan kegiatan pembelajaran untuk satu tema/subtema untuk seluruh kompetensi dasar dari muatan mata pelajaran yang diikat dalam tema/subtema tersebut.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam mengembangkan silabus tematik

1. Mengidentifikasi materi pelajaran dari setiap kompetensi dasar yang ingin dicapai dari semua mata pelajaran yang akan diintegrasikan.

2. Mengidentifikasi tema-tema yang menarik bagi peserta didik, lalu memilih beberapa tema yang akan dijadikan sebagai tema pembelajaran.

3. Memetakan materi pelajaran untuk setiap tema/subtema yang sesuai. Pemetaan materi perlu juga memperhatikan keruntutan dari materi untuk setiap mata pelajaran dan tingkat kesulitan dari materi tersebut agar mendapatkan alokasi waktu yang cukup.

4. Merancang kegiatan pembelajaran berdasarkan pemetaan materi pelajaran yang telah dilakukan.

5. Mendesain penilaian yang akan dilakukan untuk proses pembelajaran yang telah dirancang berdasarkan tema atau sub tema yang telah diajarkan.

6. Melaporkan hasil penilaian sesuai dengan kompetensi mata pelajaran yang telah dicapai. Hasil penilaian ini akan dijadikan dasar bagi pendidik untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Hasil evaluasi ini digunakan untuk mengidentifikasi tema dan materi pembelajaran kembali.

Dalam buku Silabus SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 yang disusun Kemendikbud berisi; Karakteristik Mata Pelajaran di SD, Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu, Pengembangan Silabus Tematik, Pembelajaran dan Penilaian, Kontektualisasi Pembelajaran, Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran

Kelas I
Tema 1 : Diriku 10
Tema 2 : Kegemaranku 16
Tema 3 : Kegiatanku 20
Tema 4 : Keluargaku 25
Tema 5 : Pengalamanku 30
Tema 6 : Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri. 37
Tema 7 : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku 43
Tema 8 : Peristiwa Alam 51

Kelas II
Tema 1 : Hidup Rukun 57
Tema 2 : Bermain di Lingkunganku 62
Tema 3 : Tugasku Sehari-hari 67
Tema 4 : Hidup Bersih dan Sehat 71
Tema 5 : Aku dan Sekolahku 75
Tema 6 : Air, Bumi, dan Matahari 80
Tema 7 : Merawat Hewan dan Tumbuhan 83
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan 86

Kelas III
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 91
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar 96
Tema 3 : Benda di Sekitarku 103
Tema 4 : Hak dan Kewajibanku 110
Tema 5 : Perubahan Cuaca 116
Tema 6 : Energi dan Perubahannya 121
Tema 7 : Perkembangan Teknologi 126
Tema 8 : Praja Muda Karana 132

Kelas IV
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan 137
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi 140
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup 145
Tema 4 : Berbagai pekerjaan 150
Tema 5 : Pahlawanku 157
Tema 6 : Indahnya Negeriku 165
Tema 7 : Cita - citaku 170
Tema 8 : Tempat Tinggalku 174
Tema 9 : Makananku Sehat dan Bergizi 179

Kelas V
Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia 184
Tema 2 : Udara Bersih 187
Tema 3 : Makanan Sehat 192
Tema 4 : Organ Peredaran Darah Hewan dan Manusia 199
Tema 5 : Ekosistem 202
Tema 6 : Kalor dan Perpindahannya 204
Tema 7 : Benda-benda di Sekitar 207
Tema 8 : Peristiwa dalam Kehidupan 211
Tema 9 : Lingkungan Sahabat Kita 213

Kelas VI
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup 217
Tema 2 : Persatuan dalam Perbedaan 221
Tema 3 : Tokoh dan Penemuan 227
Tema 4 : Globalisasi 232
Tema 5 : Wirausaha 238
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sehat 243
Tema 7 : Kepemimpinan 252
Tema 8 : Bumiku 257
Tema 9 : Menjelajah Angkasa Luar 260