Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Tahunan (PROTA) Kurikulum 2013 Kelas 5

Program Tahunan (PROTA) Kurikulum 2013 Kelas 5
Download Program Tahunan atau PROTA Kurikulum 2013 kelas 5 SD/MI.
Kurikulum 2013 (K-13) pada tahun pelajaran ini mulai kembali diterapkan pada kelas 5 Sekolah Dasar (SD). Salah satu kelengkapan dalam proses pembelajaran yang harus dibuat guru, khususnya guru kelas 5 SD adalah Program Tahunan atau PROTA. Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan pendekatan metode tematik terpadu.

PROTA adalah program yang dibuat di awal tahun pelajaran merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Promes, silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). PROTA merupakan rencana waktu yang akan dilaksanakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dalam satu tahun atau dua semester.

Tema-Tema Pembelajaran Kelas 5 Kurikulum 2013

1. Organ Gerak Hewan dan Manusia
2. Udara Bersih Bagi Kesehatan
3. Makanan sehat
4. Sehat itu Penting
5. Ekosistem
6. Organ Tubuh Manusia dan Hewan
7. Sejarah Peradaban Indonesia
8. Ekosistem
9. Lingkungan Sahabat Kita

Untuk menyusun PROTA Kurikulum 2013 kelas 5 cukup mudah. Setiap tema terdiri dari 4 subtema dan setiap subtema dilaksanakan 6 kali pembelajaran serta 1 kali ulangan harian. Sehingga setiap subtema memakan alokasi waktu 28 jam pertemua. Selengkapnya PROTA Kurikulum 2013 kelas 5 SD bisa didownload melalui tautan berikut ini:


Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Perangkat pembelajaran ini merupakan rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan kompetensi dasar (KD) yang telah ditetapkan.