Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Agar Siswa Aktif dan Belajar Jadi Menyenangkan

Menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan
Kelas bukan kuburan yang sepi dan seram, ciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.
Di dalam kelas, guru berhadapan dengan sejumlah peserta didik yang memiliki berbagai macam latar belakang, sikap dan potensi yang berpengaruh terhadap kebiasaan dalam proses pembelajaran. Misalnya masih banyak peserta didik yang kurang semangat dalam belajar.

Guru dituntut untuk menciptakan dan membangkitkan semangat para peserta didik melalui model pembelajaran yang kreatif, dengan begitu anak didik akan lebih semangat dalam belajar dan dapat memotivasi mereka untuk belajar dengan sungguh sungguh.

Untuk menciptakan suatu pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan diperlukan beberapa keterampilan, salah satunya keterampilan mengajar. Ini penting dan dapat menentukan kualitas pembelajaran.

Keterampilan mengajar antara lain keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, serta mengajar kelompok kecil dan perorangan.

Fathonah, salah satu Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang berbagi pengalamannya saat observasi di salah satu sekolah di Palembang seperti dilansir SekolahDasar.Net dari Sripoku.com (05/12/18). Ia mengamati siswa, cara guru mengajar, dan mengajar secara langsung di sana.

Ada seorang guru yang ketika masuk kelas dengan energik yang membuka kelas dengan 5 S , yaitu: Salam, Senyum, Sapa, Santai, dan Sabar. Dan diiringi dengan senyum yang tulus.

Guru menyapa para anak didiknya dengan penuh energik dan begitu pula anak didiknya merespons dengan antusiasnya. Saat ada siswa yang ribut, guru itu menggairahkan dengan ice breaking.

Guru itu memulai pembelajaran disertai dengan yel yel yang semangat, menurutnya itu guru yang patut dicontoh dan ditiru seorang guru yang energik, bersahabat, dan memiliki strategi yang bagus.

Kelas itu bukan kuburan yang sepi dan seram. Tetapi kelas itu adalah tempat untuk peserta didik agar bisa mengekspresikan dirinya secara bebas dan terarah. Oleh sebab itu, buat kelas menjadi dinamis sehingga akan tercipta budaya akademik yang baik.

Dan ada lagi yang membuatnya terkesan, guru itu menenangkan muridnya dengan strategi bukan dengan gebrakan meja ataupun gebrakan papan tulis, tetapi dia memakai strategi untuk anak didiknya.

Baca juga: 4 Cara Mudah Membuat Kelas yang Menyenangkan

Ada juga yang berbagi cerita tentang mengajar dengan model pembelajaran PAIKEM dengan Talking stick. Melalui model ini membuat pembelajaran menjadi kreatif dan menyenangkan tak heran jika para peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran.

Sebagai calon guru sebaiknya memiliki rasa ingin tahu, mengapa dan bagaimana anak belajar dan menyesuaikan dirinya dengan kondisi lingkungan, dan juga mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan melalui model pembelajaran PAIKEM.