Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013
Cari Berita

Atas


Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013

Senin, 28 Januari 2019

Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013
Format buku penilaian Kurikulum 2013 untuk penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir tahun (PAT).

Pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 (K-13) lebih kompleks jika dibandingkan dengan penilaian di kurikulum sebelumnya. Dalam proses penilain K-13, seorang guru harus melakukan penilaian dari 4 aspek yaitu penilaian spiritual (KI-1), penilaian sosial (KI-2), penilaian pengetahuan (KI-3) dan penilaian keterampilan (KI-4).

Salah satu administrasi yang harus disediakan oleh guru kelas Sekolah Dasar (SD) dalam penilaian adalah adanya Buku Nilai Siswa. Buku nilai siswa seseuai K-13 ini berfungsi sebagai dokumentasi nilai siswa mulai penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester dan tahun(PAS/PAT).

Download Daftar Nilai Harian Semester 2 Kurikulum 2013

Karena merupakan hal yang baru, beberapa guru kelas SD kesulitan mendapatkan Buku Penilaian K-13. Berdasarkan hal tersebut, seorang guru, Nana Somana mencoba untuk membuat format buku penilaian K-13 untuk melengkapi administrasi kelas. Menurutnya, Ada kesulitan tersendiri dalam pembuatan Buku Nilai K-13. Salah satunya karena kebijakan pemangku kepentingan dalam pembuatan buku tematik yang tidak konsisten dalam pembuatan buku ajar tematik yang tidak konsisten.

Penilaian K-13 ini berbasis tema karena dalam sistem pengajaran kurikulum 2013 di SD dilaksanakan dalam bentuk tema, kecuali untuk pelajaran Pendidikan Agama Islam, Matematika, dan PJOK. Pada pembelajaran tematik K-13 setiap tema dibagi 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap akhir dari setiap subtema dilaksanakan penilaian harian yang terdiri dari beberapa kompetensi dasar (KD) muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBdP.

Baca: Soal Ulangan PAI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Semester 2

Pemetaan KD sesuai K-13 revisi terbaru semester 2 erlu dilakukan karena dapat mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal. Dengan pemetaan KD dapat mengetahui KD yang muncul pada pembelajaran. Pada buku penilaian K-13 yang dibuat tersebut sudah dipetakan KD yang muncul pada penilaian harian.

Bagi guru kelas yang belum memiliki format buku penilaian K-13 untuk penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir tahun (PAT) khususnya semester 2, bisa mendownloadnya melalui link berikut ini:

1. Format Buku Penilaian K-13 Kelas 1 Semester 2
2. Format Buku Penilaian K-13 Kelas 2 Semester 2
3. Format Buku Penilaian K-13 Kelas 3 Semester 2
4. Format Buku Penilaian K-13 Kelas 4 Semester 2
5. Format Buku Penilaian K-13 Kelas 5 Semester 2

Nilai untuk penilaian harian diperoleh melalui tes tulis, tes lisan dan perbuatan. Tidak harus semua tehnik penilaian dilaksanakan dalam satu KD, tapi tergantung situasi dan kondisi yang tersedia. Nilai akhir rata-rata harian masing-masing KD merupakan hasil rata-rata dari nilai yang diperoleh atau bisa juga dilakukan dengan sistem pembobotan seperti : 60% x nilai tes tulis + 40% x (nilai tes lisan + nilai tugas:2).

Baca: Panduan Penilaian Kurikukulum 2013 Untuk SD

Untuk penilaian Kompetensi Keterampilan (KI-4), sesuai buku panduan, jika dalam satu KD dengan materi yang sama dilakukan 2 penilaian dengan tehnik yang sama. Misal dalam KD 4.1 melakukan penilaian praktek 2 kali, maka nilai yang diambil nilai maksimum. Namun jika penilaian dilakukan dengan tehnik yang berbeda, misalnya praktek, produk dan proyek, maka nilai akhir ditentukan dengan mencari rata-rata dari ketiga nilai tadi.