Program Semester 2 Tematik dan Matematika Kelas 4
Cari Berita

Atas


Program Semester 2 Tematik dan Matematika Kelas 4

Senin, 18 Februari 2019

Program Semester 2 Tematik dan Matematika Kelas 4
Download Program Semester 2 kelas 4 SD/MI untuk pembelajaran tematik dan Matematika sesuai Kurikulum 2013 revisi terbaru dalam format Excel.

Salah satu kelengkapan administrasi kelas yang harus dibuat guru, khususnya guru kelas 4 SD/MI adalah Program Semester. Kurikulum 2013 di kelas 4 SD/MI dilaksanakan dengan pendekatan metode tematik terpadu. Sedangkan Matematika terpisah dengan tematik.

Program semester atau ada yang menyebutnya Promes dan Prosem adalah penjabaran dari Program Tahunan (Prota) yang telah dibuat oleh guru. Prota merupakan rencana waktu yang akan dilaksanakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dalam satu tahun atau dua semester.

Untuk menyusun Prota Kurikulum 2013 kelas 5 cukup mudah. Setiap tema terdiri dari 3 subtema dan setiap subtema dilaksanakan 6 kali pembelajaran serta 1 kali ulangan harian. Sehingga setiap subtema memakan alokasi waktu 28 jam pertemua.

Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Promes disusun tidak lagi berdasarkan mata pelajaran, melainkan tema dan setiap tema terdiri dari beberapa sub tema.

Program semester 2 Kurikulum 2013 untuk kelas 4 SD/MI merupakan rencana waktu yang akan dilaksanakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dalam satu semester. Termasuk waktu ulangan harian, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.

Kurikulum 2013 telah mengalami revisi, salah satunya Mata pelajaran Matematika di jenjang Sekolah Dasar untuk kelas 4 pada Kurikulum 2013 terpisah dari tematik. Matematika SD Kurikulum 2013 menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Program semester 2 kelas 4 SD/MI untuk pembelajaran tematik dan Matematika sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi terbaru dalam format Excel dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Program semester merupakan hasil analisis jumlah minggu efektif, jumlah Kompetensi Dasar (KD), tingkat kedalaman dan kesulitan tiap KD, ketersediaan sarana prasarana, sehingga dapat menentukan alokasi waktu untuk setiap KD.

Anda dapat mengubah atau menyusun kembali Program semester 2 tersebut sesuai dengan tema dan alokasi waktu sesuai dengan kalender pendidikan. Semoga file tersebut dapat melengkapi perangkat pembelajaran bagi guru kelas 4 SD/MI.