Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Berdampak Buruk, Ini Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Tips Supaya Anak Tidak Kecanduan Gadget. Sangat Ampuh Untuk Diterapkan
Selalu perhatikan ketika anak menggunakan gadget dan jangan dibiarkan sendirian.

Di era modern seperti sekarang ini, kemajuan teknologi semakin mengalami peningkatan. Salah satunya yaitu dengan hadirnya gadget sebagai kebutuhan dalam menjangkau komunikasi jarak jauh, mengerjakan berbagai tugas kantor dan lain-lain. Bukan saja orang dewasa, anak-anak pun bisa terikat dengan keberadaan teknologi gadget ini. Sebaiknya anak dibatasi dalam penggunaannya, supaya anak tidak kecanduan gadget.

Permasalahan mengenai kecanduan gadget pada anak akan menjadi ancaman yang serius jika tidak diatasi secepatnya. Tentunya sangat dibutuhkan beberapa cara agar anak tidak kecanduan gadget lagi, salah satunya dengan 6 tips berikut ini:

1. Membatasi penggunaan gadget

Ajarkan kepada anak bahwa menggunakan gadget ada pula batasan waktunya, tidak seenaknya tanpa aturan. Berikan waktu beberapa jam pada anak untuk bermain gadget di hari libur sekolah. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi anak agar tidak kecanduan gadget.

Bahkan penggunaan gadget untuk anak-anak yang direkomendasikan oleh The American Academy of Pediatrics (2003) dan Canadian Peadiatric Society (2010) telah menerbitkan pedoman screen time, seperti berikut ini:

Untuk anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya tidak dibiarkan bermain gadget sendirian, anak-anak usia 2 sampai 4 tahun diberikan waktu satu jam sehari dan anak usia 5 tahun ke atas sebaiknya tidak lebih dari dua jam dalam sehari.

2. Arahkan kebiasaan anak pada mainan alternatif

Anak yang terpaku pada gadget bisa disebabkan karena tidak adanya mainan alternatif lain, sehingga anak berpotensi kecanduan gadget. Supaya anak tidak kecanduan gadget, sebaiknya arahkan kebiasaan anak pada mainan alternatif. Salah satunya yaitu mainan edukatif anak yang bersifat mendidik, seperti slime, lego dan mainan alternatif lainnya.

3. Tetapkan wilayah bebas gadget di dalam rumah

Buatlah aturan khusus ketika menggunakan gadget di dalam rumah, seperti dilarang bermain gadget di kamar tidur, di meja makan dan di ruang tamu sendirian. Karena kebiasaan bermain gadget di ruangan tersebut bisa mengakibatkan anak semakin betah dan berpotensi kecanduan gadget.

4. Berikan peringatan ketika anak tidak patuh pada aturan

Ketika anak tidak mematuhi aturan yang diberlakukan, berikan peringatan atau hukuman. Ini dilakukan agar ia lebih mengerti bagaimana pentingnya menggunakan gadget agar tidak berdampak buruk pada dirinya.

5. Berikan pujian ketika anak mematuhi aturan

Sebaliknya, ketika anak mematuhi aturan yang anda buat, berikan suatu penghargaan berupa pujian atau hadiah. Dengan begitu, anak jauh lebih nyaman dalam mematuhi penggunaan gadget yang Anda batasi.

6. Jadilah contoh yang baik untuk anak

Membuat aturan penggunaan gadget tidak hanya berlalu untuk anak saja, melainkan orang tua pun harus ikut andil dalam mematuhi aturan tersebut. Sehingga anak akan meniru kebiasaan baik Anda dan kecanduan gadget pun tidak akan terjadi.

Itulah tips ampuh yang bisa Anda terapkan supaya anak tidak kecanduan gadget. Selebihnya, selalu perhatikan ketika anak menggunakan gadget dan jangan dibiarkan sendirian.