Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mendidik Anak Belajar di Rumah dengan Baik

Rahasia Cara Mendidik Anak Belajar di Rumah dengan Baik
Orang tua harus melakukan cara mendidik anak belajar di rumah dengan baik. Dengan begitu, potensi kecerdasannya dapat terus terasah.

Kebanyakan orang tua mengeluhkan kondisi anak yang sulit diajak belajar di rumah. Bahkan mereka lebih memilih bermain daripada belajar. Biasanya kondisi seperti ini dialami anak usia 7 sampai 10 tahun. Untuk mengatasi hal semacam ini, Anda bisa mencoba rahasia cara mendidik anak belajar di rumah dengan baik berikut ini.

Berikan Fasilitas Belajar yang Nyaman Berupa Ruang Belajar

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu memberikan fasilitas ruang belajar yang nyaman. Perhatian orang tua seperti ini sangat efektif untuk anak bisa belajar di rumah dengan leluasa. Agar anak semakin betah belajar, Anda bisa menambahkan beberapa ornamen atau furniture belajar yang bentuknya unik dan menarik.

Selain itu, sediakan pula beberapa perlengkapan belajar yang mendukung anak lebih semangat untuk mengerjakan tugas sekolahnya. Mulai dari pensil, buku, dan alat peraga lainnya untuk memudahkan anak belajar lebih giat lagi.

Tetaplah Bersamanya Ketika Sedang Belajar

Mengajari anak bukan berarti menyuruh untuk belajar. Yang harus Anda lakukan yaitu menemani sambil membimbingnya agar anak lebih paham apa yang harus dipelajarinya. Dengan orang tua berada disamping anaknya yang sedang belajar, membuatnya merasa nyaman sekaligus dianggapnya sebagai mentor untuk beberapa pertanyaan yang kurang dimengerti anak.

Ketika Anda mendampingi anak, usahakan jangan terlalu aktif. Biarkan saja anak belajar dengan cara yang disukainya. Anda berada di sana kurang lebih hanya sekedar teman dan mentor saja.

Nonaktifkan Segala Sesuatu yang Berhubungan dengan Hobinya

Agar konsentrasi anak tidak terganggu, saat anak belajar matikan televisi, ponsel, playstation dan alat elektronik lainnya. Maka diharapkan suasana rumah saat anak belajar bisa lebih kondusif dan anak lebih fokus pada materi yang dipelajarinya.

Untuk mendukung anak belajar, orang yang ada di dalam rumah pun harus ikut menonaktifkan perangkat elektroniknya. Apabila anak hobinya bermain game atau menonton, usahakan jangan mengganggu kesenangannya dengan mengajak ia belajar. Biarkan sejenak ia bermain dan ajaklah belajar ketika waktunya pas. Di saat waktu belajar tiba, maka semua peralatan elektronik yang berhubungan dengan hobinya harus Anda dimatikan.

Buat Jadwal Belajar yang Rutin

Rahasia terakhir cara mendidik anak belajar di rumah dengan baik adalah membuat jadwal belajar yang rutin. Jadwal ini bisa Anda tempelkan di dinding kamarnya agar selalu ia lihat dan ingat akan waktunya untuk belajar. Hal ini bisa memberikan pelajaran pada karakter anak untuk bisa disiplin dalam tanggung jawabnya.

Ketika anak sudah terbiasa mematuhi jadwal belajar yang Anda buat, kemungkinan besar kebiasaan belajar di rumah pun akan terbawa sampai ia dewasa nanti. Tetapi jika suatu saat anak tidak belajar karena lupa, sebaiknya Anda ingatkan saja dan berikan teguran. Hindari memaksa anak untuk mematuhi jadwal belajarnya, yang penting selalu Anda ingatkan saja.

Dengan menerapkan cara mendidik anak belajar di rumah dengan baik tersebut, kemungkinan besar prestasi di sekolahnya akan lebih unggul dan watak disiplinnya semakin terlihat.