Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengajar Anak TK yang Dapat Orang Tua Lakukan Sendiri

Mudah! Begini Cara Mengajar Anak TK Yang Dapat Orang Tua Lakukan Sendiri di Rumah
Adakah cara mengajar anak TK yang dapat orang tua lakukan sendiri di rumah? Memang tidak mudah, namun ulasan ini akan menyederhanakannya.

TK (Taman Kanak-kanak) merupakan tempat pendidikan yang menyiapkan anak masuk ke Sekolah Dasar. Di mana anak-anak akan mempelajari kemampuan interaksi sosial dan disiplin. Ditambah lagi pada rentang usia 0-6 tahun, anak dapat menjadi pembelajar ulung. Sehingga perlu diketahui cara mengajar anak TK yang dapat orang tua lakukan sendiri, agar anak dapat diarahkan pada hal positif.

Berikut akan diuraikan cara mengajar anak TK yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, agar mereka semakin terampil dan cakap.

1. Aktivitas berbicara

Saat terbaik dalam memaksimalkan aktivitas berbicara pada anak sesuai dengan kosa kata yang dia ketahui adalah ketika usia 3-6 tahun. Berbicara sering kali dianggap sebagai pondasi dalam menyampaikan ekspresis berbahasa anak. Pada masa ini, sebaiknya anak didorong untuk berkomunikasi dengan teman sebaya.

2. Menghitung benda-benda berwujud

Selain mengajari untuk berbicara, Anda juga bisa mengajarinya berhitung dengan menggunakan benda-benda berwujud. Misal pensil, uang logam, atau kancing baju. Sejak dini, sebenarnya anak sudah memiliki insting dalam berhitung. Sehingga sebagai orang tua, Anda dapat memanfaatkan dan memaksimalkan momen ini pada anak.

3. Ajari anak melihat dan memahami perasaan

Mendidik untuk memahami perasaan orang lain juga salah satu cara mengajar anak TK yang dapat orang tua lakukan sendiri di rumah. Hal tersebut juga efektif diterapkan untuk mendidik anak hiperaktif agar dapat mengendalikan perasaan anak.

4. Ajari anak untuk membaca dan menulis

Anak-anak yang telah masuk usia dini harus menerima pelajaran membaca. Kebiasaan ini dapat dilakukan ketika anak masih berada pada usia 0-2 tahun. Anda juga dapat membaca suatu cerita di dekat anak. Pelajaran membaca yang diberikan kepada anak, akan dapat menjadi pondasi dasar saat mereka bersekolah nanti. Selain membaca, anak juga dapat diajari pelajaran menulis sejak dini. Namun hal tersebut tidak akan mudah, jadi biasakan anak terlebih dahulu untuk mengenal dan melakukan aktivitas mewarnai dan menggambar.

5. Maksimalkan kemampuan sensori

Kemampuan sensori pada anak perlu dimaksimalkan. Hal ini sebagai bekal bagi anak untuk melatih kreativitasnya, dalam mengenal warna, suara, aroma, bentuk, ukuran, dan rasa. Dengan memiliki pengalaman tersebut, diharapkan dapat melatih kreativitas anak pada masa yang akan datang. Sehingga, pendidik perlu memilih beberapa bahan yang mencakup semua informasi tersebut. Dengan mempelajari hal tersebut, maka anak akan terlatih menguraikan dan memahami lingkungan sekitar.

Beberapa cara mengajar anak TK yang dapat orang tua lakukan sendiri di rumah ini bisa Anda coba terapkan. Mendidik anak tidak hanya tugas seorang guru, namun juga membutuhkan peran penting orang tua dalam setiap aktivitasnya ketika berada di rumah.