Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengajari Anak Membaca dan Menulis dengan Cepat

Cara Mengajari Anak Membaca dan Menulis dengan Cepat
Cara mengajari anak membaca dan menulis dengan cepat, bisa Anda coba dan terapkan beberapa metode khusus agar anak lebih mengerti apa yang diajarkan.

Rumah bagi anak-anak adalah surga ketenangannya. Tentu mengajari anak membaca dan menulis di rumah jauh lebih efektif dibanding belajar secara formal di sekolah. Belajar di rumah bisa dilakukan setiap waktu dengan cara-cara yang membuat anak senang. Hindari cara belajar pada anak yang monoton dan biasa-biasa saja. Inilah, rahasia cara mengajari anak membaca dan menulis dengan cepat dan menyenangkan.

Membaca

Mengajari anak membaca dan menulis dengan cepat harus melalui metode atau cara yang tepat agar anak senang dan selalu semangat.

1. Metode gambar

Hal yang menarik untuk anak adalah gambar. Anda harus menyediakan beberapa buku yang memiliki gambar-gambar menarik, sehingga dapat memicu anak untuk melihat dan membacanya.

2. Metode bernyanyi

Cobalah dengan belajar membaca sambil bernyanyi. Sebuah lagu ditulis kemudian dinyanyikan bersama-sama, nanti secara otomatis akan tersirat pada pikiran anak bagaimana cara membacanya.

3. Metode aplikasi

Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk belajar membaca pada anak. Carilah aplikasi belajar membaca yang memiliki fitur-fitur menarik agar anak senang saat diarahkan untuk membaca apa yang dilihatnya. Catatan, metode ini harus diberi jangka waktu khusus, minimal 1 jam dalam sehari. Karena jika terlalu sering, malah dapat mengganggu kesehatan mata dan motorik anak.

Menulis

Selain membaca, anak pun harus diajarkan menulis. Kemampuan menulis pada anak tidak akan muncul begitu saja tanpa orang tua yang mengajarinya sejak dini.

Agar anak bisa menulis, Anda perlu menerapkan beberapa metode belajar menulis dengan cepat.

1. Metode abjad pada dinding

Anda bisa membuat atau membeli huruf abjad dan tempelkan di sekitar dinding ruang belajarnya. Buatlah dengan kreasi warna dan bentuk yang unik. Perintahkan pada anak untuk menulis seluruh abjad yang Anda tempelkan tadi. Karena dilihatnya cukup menarik, anak akan semangat untuk belajar menulis melalui metode abjad pada dinding ini.

2. Metode contoh tulisan

Anda bisa melakukan metode ini dengan cara membuat contoh tulisan, seperti namanya sendiri, makan kesukaannya, hewan peliharaan dan mainan yang ia suka. Diharapkan dengan metode ini anak akan lebih semangat karena ia bisa meniru apa yang Anda tulis. Bahkan jika Anda memberikan apresiasi berupa pujian, nilai dan hadiah, anak akan merasa senang akan kemampuannya yang bisa menulis tersebut.

3. Metode tebak huruf

Metode ini bisa diterapkan sambil belajar membaca. Anda buatkan tulisan berupa huruf secara acak, kemudian perintahkan anak untuk menebaknya. Jika anak menebak dengan benar, maka boleh untuk ditulis. Cara ini sangat menyenangkan, bahkan terkesan merupakan permainan edukatif yang membuat anak bisa dengan cepat membaca dan menulis.

Itulah cara mengajari anak membaca dan menulis dengan cepat. Metode-metode tersebut adalah cara baru dalam mendidik anak di rumah yang menyenangkan.