Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru SD Tahun 2019
Cari Berita

Atas


Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru SD Tahun 2019

Admin
Jumat, 15 Maret 2019

Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru SD Tahun 2019
Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Bagi Guru Sekolah Dasar (SD) Tingkat Nasional Tahun 2019.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Bagi Guru Sekolah Dasar (SD) Tingkat Nasional Tahun 2019. Tema pada Lomba Inobel SD Tahun 2019 adalah "Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Pembelajaran Abad 21 dan era Revolusi Industri 4.0". Melalui perlombaan Inobel Guru SD tahun 2019 ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dijadikan sebagai rujukan bagi semua guru khususnya guru SD dalam peningkatan kualitas pembelajaran di SD.

Pendidikan abad 21 menuntut guru sebagai ujung tombak pendidikan pada setiap jenjang pendidikan di antaranya jenjang sekolah dasar (SD) untuk menghasilkan generasi yang literat, kompeten, dan berkarakter. Guru harus memiliki kreativitas dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kreatif dan inovasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, komunikasi, dan kolaborasi.

Dukungan pemerintah dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi guru khususnya guru SD diwujudkan melalui pelaksanaan Lomba Karya lnovasi Pembelajaran Guru SD. Inobel SD merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru SD sesuai dengan kekhasan pada jenjang SD, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pembelajaran yang telah dikembangkan untuk memfasilitasi seluruh karakteristik peserta didik termasuk anak berkebutuhan khusus.

Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses dan basil belajar yang bermutu agar peserta didik dapat mengembangkan potensinya dan beradaptasi dengan tuntutan-tuntutan abad 21. Melalui perlombaan ini, karya­ karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dijadikan sebagai rujukan bagi semua guru khususnya guru SD dalam peningkatan kualitas pembelajaran di SD.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) telah menerbitkan Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Bagi Guru Sekolah Dasar (SD) Tingkat Nasional Tahun 2019. Pedoman ini sebagai menjadi acuan bagi panitia penyelenggara, guru, tim penilai/juri, Sekolah Dasar (SD), dalam melaksanakan perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru SD secara efektif dan efisien. Pedoman Inobel Guru SD tahun 2019 dapat didownload melalui link berikut ini:


Ruang lingkup perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Bagi Guru berisi tentang pengalaman pembelajaran terbaik yang merupakan hasil inovasi atau hal-hal baru serta pembaruan dalam model, pendekatan, strategi, metode, dan media pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran serta hasil belajar siswa. Tema Inobel Guru SD 2019 adalah "Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Pembelajaran Abad 21 dan era Revolusi Industri 4.0" Hasil inovasi dituangkan dalam naskah yang dikirim secara online ke https://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id