Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Yang Perlu Dipersiapkan Orang Tua Saat Anak Masuk SD

5 hal penting yang perlu dipersiapkan orang tua saat anak masuk SD
Karena masa ini merupakan masa transisi dari TK menuju SD. Pastikan selalu mengajarinya dengan sepenuh hati, mengantarnya ke sekolah, memberi nasehat.

Apa saja yang perlu dipersiapkan orang tua saat anak masuk SD? Jangan sampai Anda kelupaan ya, pastikan semua peralatan anak tidak ada yang tertinggal. Baca 5 hal penting yang perlu dipersiapkan orang tua saat anak masuk SD berikut ini.

1. Perkenalkan Sekolah Barunya

Salah satu cara agar anak cepat beradaptasi adalah dengan mengenalkan lingkungan sekolahnya. Misalnya mengajak berkunjung ke sekolah barunya sebelum jadwal dimulai, dengan mengenalkan fasilitas dan menceritakan tentang masa SD yang menyenangkan. Mulai dari perpustakaan yang banyak buku keren, kantin, lapangan olah raga yang menyenangkan dan lain-lain.

2. Menyediakan Perlengkapan Sekolah

Siapkan perlengkapan sekolah. Jangan lupa ajak sang anak untuk memilih peralatan yang dibutuhkannya. Misal seragam sekolah, buku, alat tulis, sepatu, dan tas, agar dia bersemangat untuk belajar. Pastikan beri cadangan setiap membeli peralatan agar saat hilang dia tidak terlalu panik. Dan carilah barang yang tahan lama atau berkualitas sehingga bisa awet dipakai kapan saja.

3. Dorong Anak agar Berani dan Percaya Diri

Berani dan percaya diri adalah karakter yang harus ditumbuhkan semenjak dini. Dengan adanya kedua hal tersebut akan berpengaruh besar pada proses pembelajarannya di kelas nanti. Misalnya, mengajarkan anak berani bertanya, menyanggah pendapat, atau menuangkan idenya, sehingga diharapkan rasa berani dan percaya diri akan tumbuh dengan sendirinya. Dalam psikologis hal ini sangat bagus diterapkan dan merupakan hal yang perlu dipersiapkan orang tua saat anak masuk SD.

4. Siapkan bekal yang Cukup

Usahakan bekal anak maupun uang jajan jangan sampai ketinggalan. Lebih baik lagi jika Anda bersedia membuatkan bekal yang alami dari rumah, sehingga membuat anak terhindar dari makanan yang berbahaya. Jangan lupa juga mengajari anak untuk menabung agar nantinya terbiasa hemat dan memudahkan mereka ketika sudah dewasa.

5. Antar anak ke Sekolah

Mengantar anak ke sekolah pada hari pertama merupakan momen yang ditunggu anak. Dia akan merasa diperhatikan dan sangat disayangi. Maka dari itu pastikan Anda sebagai orang tua melakukan hal tersebut. Dan setelah masuk ke dalam kelas, temani anak sampai dia sudah nyaman dan merasa berani berada di lingkungan barunya. Jangan sampai Anda meninggalkan anak saat dia masih kurang percaya diri di sekolahan. Selalu beri motivasi, dukungan, serta nasehat apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Jika dirasa anak sudah nyaman, makan sudahi proses mengantar anak ke sekolah.

Baca juga: Mengapa Anak Masuk SD Harus Usia 7 Tahun?

Persiapan orang tua ketika anak masuk SD harus dimaksimalkan. Setelah tamat Taman Kanak-Kanak seorang anak pasti akan melanjutkan ke jenjang Sekolah Dasar. Di mana orang tua telah melakukan persiapan semenjak jauh hari agar anaknya mampu menyesuaikan diri di lingkungan barunya. Karena masa ini merupakan masa transisi dari TK menuju SD. Pastikan selalu mengajarinya dengan sepenuh hati, mengantarnya ke sekolah, memberi nasehat. Hal inilah yang perlu dipersiapkan orang tua saat anak masuk SD.