10 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan Sejak Dini
Cari Berita

Atas


10 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan Sejak Dini

Kamis, 09 Mei 2019

10 Tips Mengajar Anak Berpuasa Ramadhan Sejak Dini
Salah satu upaya untuk mengajarkan anak agar taat beragama yaitu dengan mengajaknya melaksanakan puasa Ramadhan.

Anak merupakan titipan dari Allah SWT yang harus dirawat dan dijaga dengan baik. Cara merawat yang baik yaitu dengan mengajarkannya menjadi pribadi yang taat beragama sejak dini. Hal ini akan berdampak sangat baik untuk masa depan anak. Salah satu upaya untuk mengajarkan anak agar taat beragama yaitu dengan mengajaknya melaksanakan puasa Ramadhan. Berikut ada beberapa tips mengajar anak berpuasa Ramadhan sejak dini.

Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan Sejak Dini

Ada10 tips mengajar anak berpuasa Ramadhan sejak dini yang bisa Anda mulai coba lakukan.

1. Mengajarkan Anak Mengenai Rukun Islam dan Mengamalkannya

Dalam mengajarkan anak berpuasa, yang perlu Anda lakukan adalah menanamkan ajaran agama. Jadi, mereka bisa memahami dan mengamalkan ilmu agama yang diperoleh dengan baik. Puasa merupakan rukun Islam yang wajib diimani. Pahamkan anak mengenai hal ini.

2. Menceritakan Tentang Larangan dalam Puasa

Ceritakan kepada anak tentang apa saja larangan dalam puasa yaitu misalnya larangan berupa minum dan makan mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa juga bisa melatih anak untuk jujur terhadap dirinya sendiri.

3. Menceritakan Tentang Keutamaan-Keutamaan Puasa

Ceritakan kepada anak mengenai berbagai macam keuatamaan puasa Ramadhan. Hal ini untuk memberikan dorongan kepada anak agar bisa menjalankan puasa dengan baik tanpa terbebani.

4. Memberikan Contoh Tauhid yang Baik

Anda harus bisa memberikan contoh tauhid yang baik kepada anak. Berikan bimbingan, perhatian, pengawasan, dukungan, arahan dan teladan kepada anak secara teratur dalam hal yang berhubungan dengan ibadah sesuai ajaran agama.

5. Dilatih Sejak Usia Dini

Untuk lebih mudah mengajar anak berpuasa Ramadhan,latihlah anak melaksanakannya sejak dini dengan bertahap.Ajari untuk berpuasa setengah hari terlebih dahulu.Setelah itu dilanjutkan untuk puasa penuh satu hari dalam waktu satu bulan. Sesuaikan dengan kemampuan dan keadaan anak.

6. Tidak Memaksa

Ajarkan anak berpuasa sesuai kemampuannya. Jangan sampai memaksa anak padahal kondisi fisiknya tidak memungkinkan. Hal ini malah bisa membahayakan kesehatan anak. Tidak harus berpuasa sehari penuh jika anak belum mampu melaksanakannya.

7. Bersikap Tegas

Membiasakan anak melaksanakan ibadah harus dengan sikap tegas namun tidak boleh memaksa. Anda juga perlu melatih anak agar disiplin karena akan sangat menentukan dalam proses pembentukan kebiasaan beribadah anak nantinya. Begitu pula dengan ketika mengajarkan anak berpuasa di bulan Ramadhan.

8. Memberikan Hadiah

Jika anak bisa menyelesaikan puasa mereka sehari atau sebulan dengan penuh, maka Anda bisa memberikan apresiasi berupa hadiah. Hal ini bertujuan untuk membuat anak menjadi lebih bersemangat dalam melaksanakan ibadah puasa. Namun,ajarkan juga kepada mereka bahwa melaksanakan ibadah puasa itu karena kewajiban, bukan karena diberi hadiah.

9. Mengajarkan Anak Agar Menghormati Orang yang Sedang Berpuasa

Ajarkan juga kepada anak agar menghormati orang yang sedang berpuasa meskipun ia tidak berpuasa karena belum mampu. Misalnya seperti tidak minum dan makan di hadapan orang yang sedang berpuasa. Laranglah anak mengejek orang lain yang tidak berpuasa karena sesuatu hal misalnya perbedaan agama.

10. Memberikan Pemahaman Mengenai Bahaya Meninggalkan Puasa Ramadhan

Berikan pemahaman kepada anak mengenai bahaya meninggalkan puasa Ramadhan. Jika ia sudah baligh, maka hukum puasa Ramadhan baginya adalah wajib. Jika meninggalkan, maka dosa yang akan didapatkan.

Tips mengajar anak berpuasa Ramadhan di atas bisa Anda mulai terapkan di rumah. Hal yang sangat penting diperhatikan ketika mengajarkan anak berpuasa adalah tidak dilakukan dengan pemaksaan.