Cara Efektif Saat Dampingi Anak Kerjakan PR
Cari Berita

Atas


Cara Efektif Saat Dampingi Anak Kerjakan PR

Rabu, 15 Mei 2019

Ada beberapa cara efektif saat dampingi anak kerjakan PR agar rasa malas hilang dan lebih bersemangat.

PR atau pekerjaan rumah merupakan tugas sekolah yang dikerjakan di rumah dan merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari pendidikan anak-anak. Tugas ini diberikan oleh guru dengan tujuan agar anak bisa mengerti materi yang sudah disampaikan di sekolah dengan lebih baik. Selain itu, agar Orang tua terlibat aktif di dalam proses pendidikan anak di sekolah. Sebagai orang tua, Anda perlu mendampingi anak mengerjakan PR. Lalu, apa pentingnya dan bagaimana cara efektif saat dampingi anak kerjakan PR? Berikut penjelasannya.

Pentingnya Mendampingi Anak Mengerjakan PR


Mayoritas orang tua merasa malas untuk mendampingi anak mengerjakan PR. Padahal, sangat penting bagi orang tua untuk mendampingi anak mengerjakan PR. Bukan untuk membantu mengerjakan PR tersebut, namun untuk memberikan motivasi. Selain itu,juga untuk membangun komunikasi antara orang tua dengan anak supaya menjadi lebih baik.

Cara Efektif Mendampingi Anak Mengerjakan PR


Berikut ini ada beberapa cara efektif saat dampingi anak kerjakan PR yang bisa Anda terapkan.

• Menyediakan Waktu Luang untuk Anak Beristirahat


Berikan anak waktu untuk beristirahat sesudah ia pulang dari sekolah.Biarkanlah anak bermain sejenak, menonton acara televisi bermanfaat yang disukainya, tidur siang atau tidur sore sekitar 1 hingga 2 jam, makan dan minum, mandi sore atau hal lain yang diperlukannya. Pastikan anak dalam keadaan fisik yang optimal sebelum melakukan proses belajar.

• Orang tua Perlu Mempertimbangkan Kondisinya Ketika Mengajari Anak


Orang tua perlu merelaksasikan atau mengistirahatkan dirinya sejenak supaya lebih siap saat menghadapi anak. Apalagi bagi Orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya atau sehabis pulang dari kerja.

• Memperhatikan Ruang Belajar


Mempunyai ruang belajar sendiri merupakan hal yang baik untuk anak-anak usia sekolah. Namun, anak juga bisa mengalami kejenuhan. Jika mereka meminta untuk belajar di ruang makan atau ruang keluarga, Anda bisa mengizinkannya sesekali. Pastikan bahwa ruangan tersebut bebas dari berbagai macam benda yang bisa mengalihkan perhatian. Misalnya seperti mainan, TV yang menyala dan lain sebagainya. Pastikan juga penerangan serta tempat duduknya memadai untuk anak menulis dan membaca.

• Memberikan Penghargaan


Anda perlu memberikan anak penghargaan jika ia berhasil menyelesaikan PRnya. Jika pujian saja dirasakan cukup, maka Anda bisa memberkannya secara rutin. Namun, perlu diperlukan variasi juga. Misalnya seperti pelukan, menemaninya tidur, membuatkannya susu hangat sebelum tidur, membantunya untuk merapikan perlengkapan sekolah maupun alternatif lainnya.

• Membantu dalam Proses Memulai


Tanyakan apa saja tugas yang dimiliki oleh anak ketika ia sudah siap untuk belajar. Tanyakanlah hal tersebut dalam kondisi sudah fokus. Anak biasanya mengalami kesulitan di dalam proses memahami tugasnya. Jadi, ia tetap membutuhkan pendampingan untuk diberikan arahan.

• Menetapkan Durasi Waktu Maksimal Belajar


Ini adalah cara efektif saat dampingi anak kerjakan PR agar anak tidak bosan. Anak Anda perlu belajar untuk mengelola emosi serta mengatur dirinya agar senantiasa fokus. Waktu selama 1,5 hingga 2 jam merupakan waktu efektif yang bisa diberikan kepada anak untuk belajar di rumah. Kelebihan jam belajar bisa membuat anak menjadi cepat merasa lelah dan bosan.

• Mengecek Hasil Pekerjaan Anak


Anda perlu mengecek kembali hasil tugas anak sesudah selesai dikerjakan. Bukan untuk mengoreksi salah atau benar, namun melihat kesesuaian dengan yang diminta. Selain itu, untuk memastikan apakah anak telah yakin dengan hasil pekerjaannya ataukah belum. Hal ini bertujuan agar anak belajar menerima kesalahan serta bertanggung jawab atas hasil kerjanya di sekolah secara mandiri.

Nah, itulah beberapa cara efektif saat dampingi anak kerjakan PR. Cara-cara tersebut bisa Anda coba terapkan kepada anak. Jadi, Anda harus senantiasa bersabar dalam mendampingi anak mengerjakan PR.