Ini Tips Menyiapkan Mental Saat Anak Beranjak Remaja
Cari Berita

Atas


Ini Tips Menyiapkan Mental Saat Anak Beranjak Remaja

Minggu, 12 Mei 2019

Ini Tips Menyiapkan Mental Saat Anak Beranjak Remaja
Anak akan mengalami perubahan dari kanak-kanan menjadi remaja. Tahap ini adalah yang tersulit. Namun tidak perlu risau, berikut cara mengatasinya.

Seiring berjalannya waktu, anak akan mengalami perubahan fase dari anak menjadi remaja kemudian menjadi dewasa. Pada saat perubahan tersebut terjadi, orang tua harus bisa menyiapkan mental. Hal ini mengingat perubahan yang terjadi pada anak bisa saja membuat para orang tua merasakan kesulitan untuk mengatasinya. Berikut ada penjelasan mengenai tips menyiapkan mental saat anak yang beranjak remaja yang bisa Anda coba terapkan.

Menyiapkan Mental Ketika Anak Beranjak Remaja

Banyak sekali para orangtua yang mengeluhkan sulitnya menghadapi anak yang beranjak remaja. Terlebih pada saat usia anak memasuki 12 tahun lebih merupakan momen yang sangat menantang bagi para orangtua.Anak menjadi lebih ekspresif di dalam mengeluarkan pikirannya, mulai suka mendebat serta semakin kritis.Jadi, untuk menghadapi anak-anak yang memasuki usia puber, orangtua harus paham tips menyiapkan mental menghadapi perubahan anak.

Anak akan mulai beranjak dewasa ketika memasuki usia puber ini. Peran hormonal sangat besar.Tingginya emosi yang dimiliki akan mempengaruhi perilakunya. Para orangtua harus mengetahui hal ini karena merupakan proses yang normal dan alami. Para orangtua sangat penting untuk memahami tahap-tahap perkembangan dari anaknya.

Supaya bisa menghadapi sikap pemberontak yang dimiliki anak secara halus, orang tua harus lebih peka dalam mengenali karakter anak. Emosi anak seringkali mendominasi perilakunya.Anda sebagai orangtua harus lebih banyak mendengarkan serta mendalami karakter anak. Dengarkan keluh kesah anak dan dengarkan pendapat mereka.

Tips Mudah Mendidik Anak yang Beranjak Remaja

Mendidik anak yang beranjak remaja bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena masa remaja merupakan masa peralihan yang mana mayoritas anak akan melakukan kenakalan remaja dan pemberontakan.Salah satu tips menyiapkan mental orang tua adalah memahami cara mendidik anak yang beranjak remaja itu. Nah, berikut beberapa tips mudah mendidik anak yang beranjak remaja:

• Membebaskan Anak untuk Bersosialisasi Terhadap Lingkungan

Pada saat anak sudah memasuki usia remaja akan senang mengeksplorasi lingkungan yang ada disekitarnya. Anda tidak perlu merasa khawatir ketika hal ini terjadi.Biarkanlah anak bersosialisasi di lingkungan yang baru dengan sesamanya asalkan berdampak positif.Misalnya,seperti mengikuti suatu kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan lainnya yang ada di lingkungan.

Mengajarkan Pendidikan Agama

Supaya anak tidak terjerumus terhadap pergaulan yang salah, maka ajarkania pendidikan agama sedini mungkin. Bagaimanapun juga, pendidikan agama merupakan pondasi kuat bagi karakter yang dimiliki oleh seseorang.

• Memberikan Kepercayaan dan Tanggung Jawab

Biarkanlah anak memutuskan sesuatu atau mencoba hal baru untuk dirinya sendiri. Berikan anak kepercayaan serta tanggung jawab agar bisa menjadi anak yang lebih mandiri.Jangan selalu memberikan arahan supaya mengikutinya yang Anda inginkan.

• Menjadikan diri Anda sebagai Teman

Biasanya pada saat anak berada di usia remaja akan menjauh dari Anda. Penyebab utamanya yaitu adanya perbedaan pandangan terkait suatu hal. Hal ini wajar terjadi karena rentang usia Anda dan anak terpaut jauh. Cara terbaik supaya Anda tidak berjarak dengan anak yaitu dengan menjadikan diri Anda sebagai teman.

Menghargai Minat dan Pemikiran Anak

Biarkan anak berani dalam mengemukakan pendapat mereka. Hargailah pendapat serta pemikiran yang dimiliki oleh anak. Cara ini dilakukan agar anak lebih mengerti serta menghormati Anda. Hubungan Anda dengan anak juga menjadi semakin harmonis. Anda jangan menentukan masa depannya, namun arahkan mereka dengan cara menghargai setiap minat serta bakat yang dimilikinya.
Jadi, itulah tips menyiapkan mental untuk orang tua dalam menghadapi dan mengarahkan anak yang beranjak remaja. Meskipun mendidik anak pada saat beranjak remaja bukanlah hal yang mudah, namun Anda pasti bisa melakukannya.