Games Untuk Anak Penuh Aktivitas Fisik dalam Ruangan
Cari Berita

Atas


Games Untuk Anak Penuh Aktivitas Fisik dalam Ruangan

Kamis, 23 Mei 2019

Games Untuk Anak Penuh Aktivitas Fisik dalam Ruangan
Anak menggemari permainan yang bersifat seru, kompetitif serta menguras tenaganya. Beberapa ide games untuk anak dalam ruangan ini pasti seru.

Ketika anak tidak memungkinkan untuk bermain di luar rumah karena alasan tertentu misalnya hujan turun, biasanya anak akan meminta izin kepada orang tuanya untuk bermain gadget karena merasakan kejenuhan. Hal ini harus dihindari dengan cara membuat permainan sendiri di dalam ruangan. Anak biasanya akan sangat menggemari permainan yang bersifat seru, kompetitif serta menguras tenaganya. Ada beberapa games untuk anak yang bisa dilakukan dalam ruangan.

Ide Games Seru dalam Ruangan untuk Anak


Ada beberapa games untuk anak dalam ruangan yang penuh dengan aktivitas fisik dan bisa coba diterapkan.

• Main Karet

Anak-anak cenderung sangat sulit jika diminta untuk duduk diam serta tenang. Mereka akan memilih berlarian di dalam rumah jika tidak bisa keluar. Anda bisa mencoba untuk membuat permainan karet dengan menyusunnya menjadi panjang.Kemudian karet yang sudah tersusun digunakan untuk lompat karet. Mintalah mereka untuk melompati karet agar tidak terkena karetnya. Pasanglah tali karet di bangku, namun pastikan jangan terlalu tinggi.

• Jalur Selotip

Anda bisa menyediakan selotip warna-warni untuk permainan anak. Kemudian buatlah jalur jalanan di bagian lantai rumah. Buatlah garis berkelok, lurus atau zigzag. Setelah itu, Anda bisa meminta si kecil untuk melewatinya dengan satu kaki atau dengan berjinjit. Pasti permainan sederhana ini bisa membuat anak Anda merasa kegirangan yang membuatnya tidak bosan meskipun bermain di dalam ruangan.

• Mencari Bola

Games untuk anak berikutnya adalah mencari bola. Sembunyikanlah bola-bola yang berukuran kecil di seluruh area rumah.Lalu mintalah si kecil untuk mencarinya. Si kecil akan merasa tertantang dan fokus untuk mencarinya.Ia akan mencarinya dengan berkeliling rumah. Energi anak nantinya akan terkuras dan fokusnya menjadi terlatih.

• Sandiwara atau Drama

Permainan sandiwara atau drama sangat menstimulasi imajinasi sang anak karena mereka akan diajak untuk memerankan tokoh. Kegiatan permainan peran akan membantu anak untuk belajar memahami perspektif yang dimiliki oleh orang lain. Selain itu, juga bisa membangun kemampuan sosial dan membangun kepercayaan diri.

• Menggunakan Mainan Ringan

Anda bisa memakai mainan yang ringan serta tidak keras. Maksudnya adalah jenis mainan yang tidak mempunyai risiko melukai atau merusak barang lainnya. Misalnya yaitu lempar bola dengan menggunakan bola berbahan gabus, memakai keranjang cucian sebagai ring untuk permainan basket maupun permainan lainnya.

• Perburuan Harta Karun

Ajak anak Anda untuk menciptakan misi perburuan dengan cara membunyikan benda-benda yang dianggap sebagai sebuah harta karun. Anda bisa melakukan start dengan cara menemukan terlebih dahulu harta itu. Jika ada, persiapkan juga kostum untuk mereka kenakan. Hal ini akan mendorong imajinasi anak untuk bersemangat melaksanakan proses perburuan ini. Bagi kemenangan mereka, sediakan juga hadiah.

• Benteng dan Tenda

Membuat benteng dan tenda merupakan jenis mainan yang banyak disukai anak-anak. Anda bisa memakai tenda mainan yang memang tersedia khusus untuk anak-anak. Lalu Anda bisa membangun benteng memakai selimut serta kardus maupun kotak penyimpanan. Kegiatan ini bagus untuk menstimulasi daya imajinasi dari anak.

• Permainan Halang Rintang

Anda bisa membuat permainan halang rintang untuk anak-anak. Caranya yaitu dengan menyusun kardus, kursi serta mainan agar anak-anak bisa melaluinya. Baik itu dengan menerobos dengan cara merunduk atau dengan melompatinya. Jenis permainan ini bisa mendorong kegiatan fisik anak.

Masih banyak lagi games untuk anak dalam ruangan yang penuh dengan aktivitas fisik untuk anak yang bisa Anda terapkan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir anak menjadi merasa bosan yang bisa membuatnya rewel ketika tidak bisa bermain di luar ruangan.