Penting, Jangan Lupa Melatih Keterampilan Sosial Anak
Cari Berita

Atas


Penting, Jangan Lupa Melatih Keterampilan Sosial Anak

Rabu, 29 Mei 2019

Penting, Jangan Lupa Melatih Keterampilan Sosial Anak
Ada beberapa cara melatih keterampilan sosial anak yang bisa Anda sebagai orangtua lakukan.

Sangat penting melatih keterampilan sosial anak. Keterampilan sosial ini perlu dipupuk sejak dini mengingat dalam hidup kita bergantung pada orang lain. Anda harus memahamkan anak mengenai pentingnya keterampilan sosial ketika sudah berhubungan dengan orang lain di sekitarnya.

Berikut akan dijelaskan mengenai beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih keterampilan sosial anak. Namun sebelum itu, Anda perlu memahami apa pengertian dari keterampilan sosial.

Pengertian Keterampilan Sosial


Keterampilan sosial adalah sebuah bentuk dari sosialisasi yang sangat penting dimiliki oleh setiap anak sejak dini. Ibarat dari keterampilan sosial itu adalah sebuah interaksi yang dilaksanakan oleh orang lain yang di dalamnya mengandung pelatihan.

Tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk bisa mengajarkan anak menjalankan interaksi dengan orang lainnya. Keterampilan sosial di dalam kehidupan sangat penting dimiliki oleh seorang anak supaya nantinya bisa menjadi individu yang hidupnya lebih harmonis.

Cara Melatih Keterampilan Sosial pada Anak


Ada beberapa cara melatih keterampilan sosial anak yang bisa Anda sebagai orangtua lakukan.

• Melakukan Pembinaan dengan Orang Lain

Berikan pembinaan agar anak mampu berhubungan dan berkomunikasi dengan baik terhadap orang lain. Ajarkan kepada anak bagaimana seharusnya yang ia lakukan terhadap orang dewasa, teman sebayanya maupun terhadap anak yang usianya lebih muda darinya.

• Mengenalkan Emosi yang Baik

Ajarkan anak untuk mengenali emosinya sejak usia dini. Anak juga perlu memahami jenis emosi agar ia lebih mengetahui pengendalian emosi yang harus dilaksanakannya. Pengenalan emosi yang baik ini bertujuan agar anak bisa bersikap sesuai dengan tuntutan dari lingkungannya.

• Pengenalan Diri

Pengenalan diri sangat diperlukan oleh anak agar bisa menjalin hubungan sosial yang baik. Anda harus mengajarkan anak untuk bisa mengenali berbagai macam identitas yang dimilikinya.Misalnya yaitu seperti mengetahui namanya, tempat tinggalnya, nama orang tuanya dan identitas penting lainnya.

• Mengajarkan Rasa Empati

Latihlah anak agar memiliki rasa empati terhadap orang lain. Melatih keterampilan sosial anak untuk berempati sangatlah penting. Dengan rasa empati anak akan lebih menghargai orang lain. Selain itu juga untuk mencegah adanya kesalahpahaman terhadap orang lain.

• Simpati

Rasa simpati merupakan keterampilan sosial lainnya yang harus dipupuk sejak dini. Perasaan ini biasanya dipengaruhi oleh rasa iba dan rasa belas kasih terhadap orang lain. Hal inilah yang membuat anak harus mempunyai rasa simpatinya terhadap orang lain sejak kecil agar terbiasa hingga kelak ia beranjak dewasa.

• Memberi Sikap Positif

Agar anak mempunyai keterampilan sosial yang sangat baik, para orangtua perlu memberikan penanaman sikap yang positif.

• Menolong Sesama

Ajarkan anak agar tolong-menolong terhadap sesama. Dengan mengajarkannya sikap menolong tentunya akan menumbuhkan kesadaran diri terhadap anak mengenai pentingnya rasa kepedulian sosial.

• Mengajarkan Anak Rasa Berbagi

Mengajarkan anak rasa berbagi sejak dini juga penting dilakukan. Tujuannya adalah anak mempunyai rasa kebersamaan. Jadi, anak akan belajar untuk mementingkan orang lain dan tidak hanya mementingkan dirinya sendiri. Nantinya anak bisa memiliki sifat pemurah dan sifat saling bertenggang rasa dengan orang lain jika terbiasa dengan sikap ini.

• Rasa Bersaing

Mengajarkan anak rasa bersaing bermanfaat untuk bisa melihat kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya. Namun, Anda harus mengajarkan anak agar memiliki rasa bersaing yang sehat.

Itulah beberapa cara melatih keterampilan sosial anak yang bisa Anda coba terapkan. Jadi, latihlah keterampilan tersebut sedini mungkin karena akan memberikan manfaat untuk anak kelak ketika diharuskan berhubungan dengan orang lain.