Selain Bentuk Ibadah, Ini 6 Manfaat Puasa Bagi Anak
Cari Berita

Atas


Selain Bentuk Ibadah, Ini 6 Manfaat Puasa Bagi Anak

Sabtu, 11 Mei 2019

Selain Bentuk Ibadah, Ini 6 Manfaat Puasa Bagi Anak
Anda tidak perlu merasa ragu untuk mengajarkan anak agar menjalankan puasa sejak dini. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk anak hingga kelak ia dewasa.

Puasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang memiliki banyak sekali manfaat. Mengajarkan anak berpuasa sejak dini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh para orangtua. Tujuannya adalah untuk membiasakan agar kelak ketika anak sudah beranjak dewasa tidak merasa kesulitan untuk berpuasa. Apa saja manfaat puasa untuk anak dan bagaimana cara mengajarkannya? Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan berikut.

6 Manfaat Puasa Untuk Anak

Ada banyak sekali manfaat puasa untuk anak. Manfaat puasa bagi anak meliputi:

1. Puasa Mendekatkan pada Agama

Puasa bisa mendekatkan anak pada agama. Puasa mengajarkan banyak sekali hal tentang kehidupan. Anda bisa memahamkan anak mengenai pentingnya berpuasa yang merupakan perintah Allah. Si kecil diajarkan untuk berpuasa sebagai upaya melatih mereka menyadari keberadaan Allah pada diri mereka.

2. Puasa Mengajarkan Rasa Empati

Berpuasa bisa mengajarkan rasa empati. Dengan rasa empati akan membuat anak menjadi lebih menghargai setiap apa yang diperolehnya. Baik itu dalam skala yang kecil maupun skala yang besar. Misalnya berupa makanan dan minuman. Berbagi makanan dan minuman kepada orang lain untuk berbuka puasa mengajarkan pada mereka bahwa banyak orang di luar sana yang mengalami nasib tidak seberuntung mereka. Rasa empati ini menjadikan anak lebih peduli pada lingkungan yang ada di sekitarnya.

3. Puasa Mengajarkan Kedisiplinan

Anak diajarkan kedisplinan mengenai waktu dengan berpuasa. Setiap hari anak diajarkan untuk bangun pagi karena harus makan sahur. Bangun di pagi hari ini akan menjadi kebiasaan bagi anak. Ajarkan juga anak untuk disiplin dalam berdoa dan berniat untuk menjalankan ibadah puasa.

4. Puasa Menjadikan Tubuh Lebih Sehat

Puasa sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Hal ini sudah dibuktikan melalui banyak sekali penelitian. Pola makan anak menjadi lebih teratur dengan berpuasa karena sudah ada waktu khusus yang digunakan untuk sahur dan berbuka. Ketika berpuasa orangtua bisa memilihkan makanan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi bermanfaat serta dibutuhkan oleh tubuh anak pada masa pertumbuhannya.

5. Puasa Mengajarkan Kesabaran

Dengan berpuasa anak menjadi terlatih untuk senantiasa bersabar. Ia harus bersabar untuk tidak makan dan minum selama seharian. Meskipun pada waktu tersebut merasakan lapar dan haus.

6. Puasa Mengajarkan Kejujuran

Sikap jujur bisa tertanam pada anak dengan cara berpuasa. Anak berpuasa untuk melatih mereka jujur terhadap orangtua, teman-temannya serta diri mereka sendiri. Jujur pada diri sendiri bisa diperoleh dengan mereka menyadari harus menahan rasa haus, rasa lapar dan juga menjaga sikap mereka.



Cara Mengajarkan Anak Berpuasa

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anak berpuasa, diantaranya yaitu:

1. Menemani Anak dalam Menjalankan Puasa

Temani anak dalam menjalankan puasa. Berikan motivasi dan semangat agar ia tidak merasa terbebani dengan berpuasa. Pahamkan kepada anak bahwa mereka tetap bisa melakukan segala macam kegiatan atau pekerjaan rumah meskipun menjalankan puasa.

2. Melatih Berpuasa pada Awal-awal

Pada awal-awal berpuasa, latihlah anak untuk melakukannya dengan setengah hari terlebih dahulu. Jika berhasil, maka Anda bisa memberikannya motivasi agar berpuasa sehari penuh. Berikan pujian untuk membuatnya lebih bersemangat.

3. Mengajarkan Tentang Pahala Puasa dan Manfaatnya

Ajarkan anak mengenai pahala dari berpuasa beserta manfaatnya untuk memberikannya pemahaman mengapa ia harus menjalankan puasa.

Jadi, 6 manfaat puasa bagi anak di atas perlu dipahami. Anda tidak perlu merasa ragu untuk mengajarkan anak agar menjalankan puasa sejak dini. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk anak hingga kelak ia dewasa.