Penyebab Anak Mogok Sekolah dan Cara Mengatasinya
Cari Berita

Atas


Penyebab Anak Mogok Sekolah dan Cara Mengatasinya

Senin, 20 Mei 2019

Penyebab Anak Mogok Sekolah dan Cara Mengatasinya
Inilah penyebab atau pemicu anak mogok sekolah dan beberapa cara untuk mengatasinya.

Biasanya anak-anak mogok sekolah berada pada suatu kondisi tertentu. Hal ini tentu merupakan sesuatu yang tidak diinginkan oleh para orang tua bukan? Mogok sekolah yang dialami oleh anak terjadi karena berbagai macam hal. Apa saja penyebabnya atau pemicu anak mogok sekolah dan bagaimana cara mengatasinya? Lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

Penyebab Anak Mogok Sekolah


Ada beberapa hal yang menyebabkan anak mogok sekolah, antara lain yaitu:

• Tempat Duduk

Tempat duduk nampaknya sepele, namun bisa menjadi masalah yang serius bagi anak-anak. Sebaiknya pemilihan tempat duduk dilakukan oleh anak itu sendiri. Banyak orang tua yang mengatur pilihan anak selama ini. Mereka berebut untuk memilih tempat duduk yang paling depan. Keinginan para orangtua yang tidak sesuai dengan keinginan anak bisa mengakibatkan anak menjadi tidak nyaman sehingga membuat mereka menjadi tidak betah berada di sekolah. Bahkan,bisa berakibat pada anak yang mogok sekolah.

• Guru Baru

Memerlukan waktu yang cukup untuk mengenali karakter guru. Ada anak yang mudah akrab dengan guru baru, namun ada juga yang sangat sulit. Terhadap guru baru, anak-anak ada merasa senang atau cocok dan ada juga yang tidak. Pada saat anak-anak merasa takut kepada guru baru bisa membuat anak merasa tidak nyaman berada di sekolah. Ini pun bisa jadi penyebab anak mogok sekolah. Jadi, guru dan orangtua harus memahami sikap anak-anak.

• Teman Akrab

Ada beberapa anak yang sulit memperoleh teman ketika berada di sekolah. Pada saat seperti ini anak rentan mengalami mogok sekolah. Jadi, para orangtua dalam menghadapi hal ini perlu bijak.Anda tidak boleh memaksakan anak untuk berteman dengan anak lain yang Anda inginkan. Biarkanlah anak mencari temannya sendiri hingga mereka akrab.

• Suasana Sekolah

Suasana sekolah yang nyaman bisa membuat anak-anak menjadi merasa betah di dalamnya. Hal ini perlu dilakukan untuk membuat anak tetap senang berada di sekolah dan tidak melakukan mogok sekolah. Jadi, anak-anak akan menjadi bersemangat ketika proses belajar.

• Bosan Belajar

Penyebab anak mogok sekolah lainnya yaitu karena kejenuhan suasana belajar di dalam kelas. Menciptakan suasana kelas yang menyenangkan merupakan tugas dari guru. Jadi, anak tidak merasa bosan dan jenuh ketika berada kelas.

Cara Membuat Anak Tidak Mogok Sekolah


Mogok sekolah yang dialami oleh anak membuat para orang tua merasa kebingungan untuk mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak tidak mogok sekolah.

• Membuat Anak Tidak Terlena di Rumah

Anda bisa melarang anak untuk bermain video game atau menonton TV karena harus istirahat yang cukup. Jangan terlalu memanjakan anak di rumah. Karena bisa jadi anak menjadi terlena untuk mogok sekolah dan lebih memilih untuk bersantai saja di rumah.

• Bekerja Sama dengan Pihak Sekolah

Anda perlu melakukan komunikasi dengan pihak sekolah untuk menanyakan kondisi dan kebiasaan anak ketika berada di sekolah. Para guru biasanya akan memberikan berbagai macam ide untuk membuat anak menjadi tertarik bersekolah. Bisa jadi mogok sekolah yang dialami oleh anak karena adanya bullying.

• Memperhatikan Kondisi Fisik Anak

Perhatikan kondisi fisik anak apakah ia benar-benar sedang sakit yang membuatnya tidak mau bersekolah. Jika tidak terdeteksi suatu gejala apapun, maka Anda perlu menanyakan mengenai apa yang sebenarnya terjadi.

Itulah penyebab atau pemicu anak mogok sekolah dan beberapa cara untuk mengatasinya. Jadi, Anda harus bersabar dalam membujuk anak agar tidak melakukan mogok sekolah. Berikan motivasi dan semangat untuk anak Anda.